Jumat, 19 Agustus 2011

Hasil wawancara dgn korban di garuk satgas/soksial(ehm sosial) jakarta!

Ini orang memang lagi sial maksud hati untuk tambah tambah uang buat beli pulsa hp dengan mengamen di bus, ehhh malah di garuk satgas dari dinas sosial jakarta. ( berarti dinas sosial kita memang ada kerja nya yahh!)

Ini hasil wawancara secara kasar ( hasil ngerumpi dan ngakak, hahaha, hihihi) pengalaman nya di garuk satgas dinas sosial jakarta.

Padahal nih orang dah ada kerja gitu mumpung ada waktu luang di pagi hari maka dia kreatif mencari tambahan penghasilan, saking terlalu kreatif jadi pengamen di bus akhirnya di kejar kejar satgas hingga sendal mental,  terjatuh (besot besot/lecet lecet tuh tangan nya), hp hilang untung gitar dan jaket nya juga tidak lenyap. pake acara di kejar satgas dari dua orang sampai empat orang dan mendadak punya assitent mendadak untuk membawa tuh barang barang nya dua orang untuk membawa paksa dia, satu orang megang gitarnya, satu lagi megang tuh jaket nya.

selama dia tidak ada kita yang berada di luar cukup khawatir nih orang di apain yahh katanya untuk bebas saja cukup repot membutuhkan 5 macam surat ( dari rt , rw dll ribet dah), pada awalnya kita dengar nya di bawa ke kedoya kemudian kemarin dengar dia kemudian di bawa ke balaraja, wah bisa gak lebaran nih orang, katanya bahkan akan di kirim ke daerah asal nya, walah kasihan juga uang thrnya gak dapet mesti tunggu di balik dari kampung gitu.

ternyata apa yang kita khawatikan berbeda dengan hasil langsung wawancara dengan sang korban yang di garuk dinas sosial jakarta

Dikirim ke "Kedoya" oleh satgas dinas sosial jakarta satu ruangan isi 41 orang ( mana menurut gambaranya ruang nya tuh kecil lagi) jadi lah mirip ikan teri kali yah kala tidur, bercampur baur dengan orang 1/2 waras dan orang gila betulan.

ada cerita ada kakek yang ketangkap dinas sosial di jenguk keluarga nya untuk di bebaskan besoknya tetaapi kakek ini keburu kepleset selagi mandi ( mandi disini tidak menggunkan sabun cuma menyiram air saja agar bersihan) dan tak lama kemudian berpindah alam yang sial nih orang juga yang bantuin tuh kakek jatuh bagun dan kemudian membawa jasad nya ke mobil jenasah, kasihan banget keluarga nya yah kata nya.

Jangan tanya aromanya katanya luaaaaarrrrr biasa, dari tidak puasa jadi ikutan puasa beneran. Makan nya di sajikan pake nampan besi ( yang berlekuk itu lohh) minus sendok garpu (alasan tidak di berikan adalah supaya tidak di pergunakan untuk bunuh diri atau menjadi senjata untuk memlukai yang lain). salah satu hidangan ada di kasih es di nampan tersebut gimana minum nya yahh katanya ada yang di campur sama nasi di anggap sayur.

pada malam di kedoya ada yang kabur dari 41 orang tinggal 30 dan ada satu ketangkap kembali ketika kabur dari tempat tersebut, ternyata metode kabur nya adalah menggunakan jalan kabur penghuni sebelum nya yang tidak di tutup dengan benar, katanya wa kenapa tidak ikut kabur saja yah waktu itu. selama di kedoya ini bila kabur masih akan di kejar.

kemudian di bawa ke Balaraja menggunakan mobil colt mirip yang kayak di bawa tahanan ke pengadilan, di paksa muat 12 orang. setelah di balaraja ada aturan ( tidak tahu tertulis atau tidak tertulis) yang menyatakan bahwa dia harus tinggal selam satu hari dalam sel   
/ ruangan tersebut setelah nya asal tidak terlihat oleh penjaga boleh menghilang dari sana, jadi artinya di biarkan lepas ? ? ? hah jadi buat apa di tangkep kalau di biarkan lepas begini lagi?

Dia kabur dari "balaraja" dengan jalan kaki akhirnya menumpang mobil di dek belakang sampai tol cikupa untung nya masih ada uang Rp20.000 di sakunya baru naik omprengan ke grogol dan pulang selama itu buset dah selam lima hari tidak mandi dengan benar. 


Lalu dimana dinas sosial nya, pendataan nya, katanya dia lapor bahwa di telah bekerja di tempat sini gitu tapi tanggapan nya cuma yah! yah! yah! yah! saja  tidak di gubris sama sekali.

wah bisa gawat daku, kalau wa lagi jalan kaki mendadak kena garuk juga gimana yah? kalau seperti itu kasus nya tidak ada tanggapan bila salah tangkap gimana dong? bingung juga nih denger cerita seperti itu.

katanya ada orang lagi pulang dari jualan kerak telur dari monas saja bisa di garuk, padahal lagi tidak jualan apes banget yah tuh pikulan nya dan barang nya hilang semua tidak dapat diminta kembali (padahal seharusnya bisa diminta kembali)

duh melihat aksi dinas soksial ( ehm sosial) kita ini kok buram banget yahh rasanya?

Kamis, 18 Agustus 2011

Croc crazy sale (up to) 70% di Ballroom CentralPark dari 16 sd 21 Aug 2011

lah lagi ada sale dari "Corc" di central park lohh, discount sampai dengan 70%,

Setelah masuk central park pergi ke Gramedia lantai atas di pintu sebelah kiri ada tangga jalan yang biasa tidak bisa di akses sekarang mendadak bisa di akses ( kok kayak rpg yahh) nah kalian akan berjalan dan menaiki lantai demi lantai (persis rpg dah) dan bertemu satgas/penjaga/saptam CentralPark dan Pullman hotel dan melewati deretan bangku bangku yang seperti labirinth (jangan di pukul yah saptam nya) sebelum akhirnya sampai ke hall/ balroom central park sebelum itu kalian bisa melakukan save dulu dengan mensave tas kalian di penitipan depan pintu ballroom ini setalah itu ambil barang barang penting kalian seperti hp dan dompet uang dan jangan lupa ambil nomer penitipan tas kalian, nah di save point ini kalian bisa mengisi hp dan mp kalian (live point kalian) dengan minuman dan makanan ringan  yang ada di stand, oke kalian berjalan ke pintu ball room dan menerima tas kantung palstik yang kosong untuk berburu buaya (Croc).

Di mulai lah hunting kalian dan menemukan bahwa item yang ber hit point(discount) 70% adalah kebanyakan sendal anak kecil, sedangkan barang dengan hit point( discount) 30%  adalah pada umum nya barang barang dewasa seperti sepatu pria dan wanita. kalian juga bisa berburu Accesories dan juga scraf, leging, belt  dan jubilite ( kalian tahu bolong bolong di sendal/ sepatu bagian depan croc bisa di isi bros ini ).

Happy "Croc" Hunting
( Selamat berburu "Croc" YAH!!!)

ingat cuma sampai tanggal 21 aug 2011 saja buruan yahh nanti tangga jalan nya tidak bisa di akses lagi.

Rabu, 17 Agustus 2011

"DayTrans" ( shuttle.travel.courier) Jakarta- Bandung

DayTrans
Shuttle.travel.courier
Jakarta- Bandung

Jakarta--> Bandung =Rp 75.000,- (saat ini)

telp: 021- 7063 6868
        022- 7063 6868

www.daytrans.co.id

facebook: daytrans
twitter:  [at] Day_Trans


bisa jurusan  ke Simpang Dago, Cihampelas, Pasteur -Cinta Rasa

*GROGOL ( dekat rumah wa di tanjung duren)
SPBU pertamina COCO Daan Mogot
(seberang Mal Ciputra)
TLP: 021- 4434 6868
Jadwal Cihampelas: pkl 5:30 sd 20:30.
Hari biasa setiap 2 jam
khusus weekend jadwal setiap  1 jam


Ada 16 tempat lain selain Grogol untuk berangkat ke bandung.

Private label dari Matahari :Detail, nevada, cole dll

seperti kita ketahui untuk membeli baju sekarang tidak murah lagi (memang ada mangga dua sihh!!! tapi wa sudah lama belum kesana tidak tahu situasinya seperti apa).

Mari kita melihat fenomena Privat Label, sekarang ini sedang musim private label (rasanya ini sudah berjalan untuk waktu yang cukup lama), pertama tama kemunculan private label adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan barang dengan harga lebih lebih lebih terjangkau( lebih murah gitu lohh) dari pada barang dengan brand yang sama. tetapi akhir akhir ini di dunia (international) private label suatu company mulai mendapat pengakuan oleh public (konsumen) dari pada barang barang yang bermerek, label atau branded.

contoh carefour mengadakan beras merk carefour bekerjasama dengan perusahan lain, Giant juga mengeluarkan sabun cuci tangan dengan merk giant, ada alfamart mengeluarkan botol lada bubuk merk alfamart, dll.

Matahari juga sama mereka ini ada mempunyai private label yaitu: Detail, Nevada, Cole, Super T, East Boy, dll dah. untuk memenuhi ceruk pasar antara merk branded yang asli merk yang harga nya makin lama makin meninggi dan semakin tidak terjangkau, setidak nya orang dateng ke Matahari bisa membeli kaos dengan harga Rp69.000,- ( memang dengan pasar baju second dengan harga segini bisa dapet entah berapa banyak).

Bila kita membandingkan maka matahari mempunyai produk yang lebih baik di banding dengan Ramayana yang ada di pasar kopro yang rasanya telah berpindah fokus dari departement store menjadi supermarket hingga kualitas baju atau appareal yang di perdagangkan nya sangat jauh dari standrat.

Bila kita membanding Matahari ke pasar baju second, memang dari segi harga "pasar baju second" luar biasa sangat murah dan sangat banyak macam variasi dibandingkan Matahari. contoh adalah rompi di pasar second ada di jumpai produk rompi di matahari ? ? ?  aku cari cari tidak ketemu tuhh, contoh lain adalah product topi dipasar second banyak jenisnya  tidak hanya model topi baseball itu ( model cap ). 

Tentu saja kita tidak menemukan baju koko untuk lebaran di pasar second ini.

Pasar baju branded second ! ! !

wah tadi wa ke pasar senen ikut pegawai toko kenalan ku kesana dia mau beli baju untuk lebaran mudik, setelah tiba ke pasar senen lama ke lantai tiga nya.

beneran lohh banyak baju second (bekas), ada yang dari luar negri punya tuh satu lantai penuh pedagang baju second, topi second, jacket second, jas second, jeans second, sepatu second, tas second, sarung tangan second, syal/scarf second, bahkan baju dalam second seperti bra second, korset second, underpantie(celana dalam ) second juga ada lohh, semua rata rata tuh barang second semua nya di sana kecuali penjualan minuman gitu. 

Wa lihat lihat ini barang barang nya ada yang dijual di gantung dan ada yang masih belum di pilah pilah dan harga nya sangat sangat murah dan harus bisa menawar nya, ada yang teriak 3 baju yang dimeja 10.000,- , ada topi 3 buah 5.000,- dll.  Asal barang banyak dari korea dan jepang. selain itu ada kemeja yang sudah di laundry dan di gantung dengan bungkusan plastik wa kira ini barang sisa eksport atau gagal eksport ternyata ini kemeja kemeja kerja dah di laundry (cuci) punya, harga jual nya memang rada sedikit mahal dari belum yang di laundry.

Melihat fenomena ini pasar baju second asal import ini juga tidak hanya ada di pasar senen, kabarnya pasar tanah abang juga ada (entah ada dimana letak nya).

Melihat hal ini kasihan juga konveksi atau tektil indonesia maka bisa di bilang industri tekstil kita ada di masa sunset industry yah kayak gini, tempat tersebut ramai nya bukan main.

coba banding kan pasar baju second ini dengan ramayana, matahari bahkan mungkin sogo barang barang nya tidak banyak variasi nya dari pada tempat -tempat (pasar baju second) seperti ini.

Harus di ingat baju second adalah baju yang di beli oleh pembeli pertama karena menarik kemudian di buang / dijual kembali dengan beberapa alasan. 

Jadi bagi calon calon designer mungkin perlu melihat lihat tempat seperti ini bagaimana mereka melakukan kombinasi antara jahitan, bahan, ornament dll

Bayangkan pegawai toko tersebut dengan uang Rp 210.000,- bisa membawa pulang baju 10 potong.

ada dua sisi dari masalah ini bila melihat sisi para pekerja tekstil dalam negri ini merugikan karena barang mereka tidak laku di jual karena kalah dari segi harga, bila melihat sisi pemerintah apakah mereka membayar pajak ke pada pemerintah atau ada suap?, bila melihat dari segi kesehatan pemerintah ada membakar pakaian pakaian bekas ini karena takut menjadi sumber penyakit hal ini ada benarnya ( bahkan mungkin dengan maksud yang berbeda dari apa yang di katakan tersebut).

Bila melihat dari sisi berpendapatan rendah, yang ber kemampuan rendah/ daya beli rendah, baju baju ini sangat menolong mereka, mereka mendapat baju atau pakaian dengan barang yang cukup berkualitas bahkan branded segala lohh yang sesuai dengan daya beli mereka.

Rabu, 10 Agustus 2011

Jakcard transjakarta (smartcard/ digital money) dari Bank DKI

Jakcard transjakarta (busway) / digital money dari bank dki jakarta.

wa ada beli ini di halte busway glodok Rp 30.000,- isi nya Rp20.000,- (berarti biaya kartu Rp 10.000,-) beli disini tidak isi formulir macem macem cuma di tanya nama dan nomer hp yang bisa di hubungi itu saja.

Jakcard ini sama dengan "Flazz" keluaran Bca tapi ini keluaran bank dki, selain dapat di gunakan untuk membayar busway, kartu ini dapat di gunakan untuk membayar di Indomart, kereta api, Taksi Ekspress dan lain lain yang berlogo jakcard.

maksud wa menggunakan kartu ini tidak usah pusing dengan kembalian "500" an logam dan seribuan ( yang kadang lecek lecek) juga kebanyakan dan  kadang jadi memberatkan isi tas. 

sayang nya pelayan nan nya nih kartu( jakcard) masih belum baik dan merata di indomart jakarta wa tadi mau topup (isi ulang nih kartu) di indomart depan moramori warnet (tanjung duren) tidak bisa jadi di arahkan ke toko indomart lain nya.

Tadi juga pas wa mau bayar busway di halte glodok sempat tidak bisa hingga tunggu tuh mesin EDC nya Bank DKI di restart lagi, untung tidak ada yang mengantri di belakang wa.

jadi sebenarnya sekarang ini sudah ada uang pecahan "Satu juta" rupiah dalam bentuk kartu pintar ( smartcard)/ uang digital ini, max isi smartcard macam ini adalah satu juta rupiah sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia.

Taksi Sepakat (Harga 210 juta bisa di cicil lohh)

well sabtu kemarin pagi pagi tanggal 6-augustus-2011,  wa sama cici wa lepas kura kura laut( wa cuma liat bungkusan karung isi tuh binatang sama entah taring atau kukunya keluar dari karung tersebut). pergi ke ancol untuk naik perahu ketengah laut untuk lepas nih binatang.

cici wa naik taksi "Sepakat" ternyata orang keturunan sopir taksi nya dari obrolan cici wa sama tuh sopir taksi ternyata nih sopir mencicil nih taksi dengan uang muka 75 juta dan cicilan 3,5 juta dalam 4 tahun, wa tanya berapa semuanya dia bilang semuanya kira kira 210 juta, ini biaya belum termasuk ijin/lisensi taksi setiap berapa tahun & biaya argometer. 

Apa ketutup biaya nya? katanya sih ketutup biaya cicilan setiap bulan 3,5 juta ini. Untuk memiliki taksi ini atau mencicil taksi ini harus menjadi anggota koperasi taksi "sepakat" ini dulu baru bisa mencicil nih taksi.

sekian data taksi "Sepakat"

Rabu, 13 Juli 2011

Biaya maintenance apertement Latumenten.

biaya maintananc apertement latumenten ini adalah 6.000/m2 dan biaya sinking funds 1.000/ m2. jadi nya 261.000/ bulan, biaya maintanance ini harus bayar dimuka per 3 bulan= 783.000,-  (mungkin termasuk asuransi dll, soal nya menurut hitungan wa 238.000,-/ bulan luas 34 m2).

akhirnya apertement ini di kontrakan gitu loh!, duh lega rasanya

Senin, 11 Juli 2011

Dear diary, layanan 2525 dari smartfrend yang mencuri pulsa?

dear diary, salah satu layanan smartfrend yang memotong pulsa, sudah gitu info unreg nya pertama kali tidak bisa diakses (info unreg nya/menghentikannya menyesatkan), wa dah ke dua kali ngadu ke smartfren langsung ke itc roxy, yang ketiga kali ini wa tidak sempat kesana akhirnya ternyata bukan menggunakan "unreg" terus kirim ke 2525 tetapi ternyata menggunakan " STOP" kirim ke 2525 baru bisa berhenti berlangganan. 

esia juga begitu wa masih belum ke stand/ toko/ service esia untuk menyetop layanan facebook esia!

Jumat, 08 Juli 2011

Dear diary, kunci pintu rumah lepas dari gantungan kunci ku?

Walah dear diary, tadi saat mau buka pintu rumah kaget kunci pintu kawat rumah tidak ada di gantungan kunci ku mana mama ku di panggil tidak kedengaran, soso ku sedang balik ke rumah mamanya. jadi telpon pembantu agar dateng bawa dia punya kunci rumah. Untung wa periksa lagi di pintu pagar ternyata jatuh di sekitar sana walah walah ada ada saja. sangat beruntung tadi pas buka pintu pagar ada kejadian aneh beruntun uang koin jatuh pas wa keluarkan kunci dari celana! anehnya tuh koin jatuhnya mestinya kan sama sama tetapi ini malah satu- satu, setelah satu koin jatuh wa pungut kemudian baru jatuh lagi dipungut eh mendadak masih ada uang koin logam jatuh lagi yah wa pungut lagi, wa dalam hati bilang kok aneh banget yah! tadi sambil tunggu pembantu wa datang wa mencoba menganalisa kebelakang sedikit keingat keanehan ini wa jadi periksa ke dua kali nya dgn lebih seksama baru tuh anak kunci terlihat jatuh di tempat agak gelap duh untung ketemu jadi wa tlp pembantu wa yang dah 1/2 perjalanan ke rumah wa supaya tidak usah ke rumah soal nya kunci nya dah ketemu.    

Kamis, 07 Juli 2011

"Sampoena fondation fundrising"

deardiary, barusan ada 3 orang (2 wanita satu pria) dari sampoerna fondation fundrising, bicaranya terlalu cepat ( memang ada jeda sedikit, seperti bertemu mesin yang bernama manusia), dari pembicaraan bahkan tidak ada yang diingat cuma keingat nama teman nya "kevin" entah bicara apa ada makan makan, ada sebuku semacam kupon untuk program pendidikan apa tertinggal? hah!, kebetulan cihu wa keluar jadi wa tdk melakukan musavada dan yang biasa mewakilkan lagi ada urusan keluarga jadi tidak masuk ( lagi bantuin adik cihu, suami nya meninggal dari kemarin, anak nya dateng dari singapura hari ini karena kemarin tidak dapet tiket). oke jadi karena cihu wa pergi makan, jadi pas minta ketemu pemilk wa bilang terus terang pemiliknya lagi keluar makan, minta ketemu yang bisa mewakilkan lagi tidak ada. di tunjukin buku itu, entah bayar berapa? terus terang saja wa tidak otorisasi untuk keluar uang semacam ini ( tidak ada kuasa ( wa pakai istilah macam ini soalnya harus bicara menyesuaikan dgn sang pendengar))  

Rabu, 06 Juli 2011

Es cendol di citra land gitu.

dear diary, habis jalan dari pancoran kota sampai citraland mampir kemari beli brg pesanan ponakan wa di body shop, mampir ke food libarry, lagi pengen makan tempura jadi beli tempura sayuran ( jagung dan buncis wortel) terus beli es cendol ( rp 5.000,- loh, di stand es dawet) lumayan bersih dari pada pinggir jalan.   

ada birthday ke 17 di food libarry ini, sedikit di goda sama penyanyi di food libarry ini tadi.

Minggu, 26 Juni 2011

Trail Running Race 2011 [at] Kota Deltamas




Trail Running Race 2011  [at]  Kota Deltamas

Lari lintas alam Sunday, July 10 ·  7:00am -  12:00pm

Merupakan ajang lomba lari lintas alam dimana lokasi yang menjadi tempat berlangsungnya kompetisi adalah alam terbuka dengan kontur jalan yang tidak rata serta memiliki rintangan alam yang menantang.

Berbeda dengan kompetisi lari jalan raya,Trail Running menuntut para peserta memiliki semangat serta stamina yang tinggi untuk dapat melalui setiap tantangan yang terdapat didalam medan kompetisi.

Jarak tempuh lomba lari lintas alam a...dalah sekitar 10 km, peserta dibagi dalam beberapa kelas kategori usia sbb :
1.Kelas Pemula Putra dan Putri usia 19th kebawah
2.Kelas Umum Putra dan Putri usia 20th s/d 39th
3.Kelas Veteran Putra dan Putri usia 40th keatas
4.Kelas Family (maks 4org/family)

Pendaftaran untuk kategori usia Rp.50.000 /org dan Kategori Family Rp.100.000/Family .
Tiap peserta akan mendapatkan tshirt,no.start,water dan free ticket utk menjajal wahana baru "AdFunture Land" .
Para pemenang akan mendapatkan total Hadiah Rp15.000.000, Medali, sertifikat serta Merchandise .

Pendaftaran klik http://indonesianbikingadventure.com/in/detail_lari.html
Paling lambat tanggal 3 Juli 2011

http://www.facebook.com/event.php?eid=195897610458321

info:
direncanakan disediakan transportasi bus dari Jakarta - Deltamas pp, informasi posisi bus dan jam keberangkatan akan diinformasikan kemudian

PORSENI NASIONAL PEMUDA THERAVADA INDONESIA 2011 (28-31 JULI 2011) di Cibubur






sangat di sayangkan cabang olah raga yang di pertandingkan cuma

bulu tangkis
tenis meja
bola voli
dan catur

coba yang lebih umum yang di lakukan masyarakat misalnya lari 10k, marathon, jalan cepat (walk) 20km, 50km, pastinya akan lebih menarik tidak hanya bagi Umat Buddhis juga bagi non Buddhis.

jadi teringat cerita Angulimala mengejar Sang Buddha dah



Senin, 18 April 2011

TBC

Well, akhirnya koko di diagnosa kena TBC seperti diduga, dokter juga memberi diriku surat  untuk di rontegen juga termasuk serumah rasanya semua mesti di rontgen.

Entah daku bisa melalui semua ini tidak, begitulah kehidupan manusia suatu saat akan padam juga api kehidupan nya.

Menyedihkan mungkin kata yang tepat, tapi kok rasanya hambar yah, tidak tahu deh apa perasaan ku saat ini.

Beku mungkin lebih tepat, tidak berasa apapun hanya melihat logikanya seperti itu mungkin kehidupan ku bisa berakhir tidak lama lagi.

  

Minggu, 17 April 2011

Swan, Moskow chapter.

akhirnya nih manga ada kabar beritanya tinggal di tunggu kapan muncul di indonesia yahh swan moskow chapter





Ran to Haiiro no Sekai

cerita tentang keluarga yang mempunyai kemampuan magic.

http://www.mangahere.com/manga/ran_to_haiiro_no_sekai/

No.6

http://www.mangafox.com/manga/no_6/

Manga baru sepertinya cukup menarik

Lampu Menyala Sendiri

duh lampu nyala sendiri jadi tersangka ya wa.

Kemarin jumat sore (tanggal 15 April 2011 ), habis menyiram tanaman wa langsung terburu buru pulang. sabtu nya pagi pagi wa di tanya cihu wa kemarin ada nyalain lampu kamar ponakan wa, ya terang enggak lah yah orang wa terburu buru pulang habis menyiram tanaman terus katanya ada aqua gelas kenapa gitu? kurang jelas juga wa tentang 2 aqua gelas ini?. cici dan ponakan wa lagi pergi keluar kota jadi di rumah tinggal cihu wa dan kebetulan adik dan iparnya dari hongkong dateng (ceng beng biasa).

Ini sama dengan tahun kemarin setelah wa bersih bersih kamar sembahyang (tempat altar avalokitesvara), setelah membersihkan tempat lilin yang pecah turun kemudian keponakan wa naik, katanya ada lampu di depan kamar sembahyang ini ada yang nyalain. wa terus terang tidak berasa menyalakan lampu ini.

Jumat, 15 April 2011

Read manga online

Biasa baca di mangafox dan  mangareader, mangareader kadang kdang suka gak kebuka pic nya kalau manga fox belakangan ini bisa diconnect.

http://www.mangafox.com/

http://www.mangareader.net/

well beberapa situs baru cukup menarik

Manga here
http://www.mangahere.com/

manga able
http://mangable.com/


kalau mau lihat mangaupdates biasa
http://www.mangaupdates.com/

sedikit raw manga

http://mangahelpers.com/






Komik,Manga,Menhwa, Cersil

well menhwa dari korea ini cukup bagus sampai ada tragedy antara fans club di luar dan pengarang nya di korea

the breaker
http://www.mangareader.net/the-breaker-new-waves

"Arago" cukup menarik,

http://www.mangafox.com/manga/arago/

manga "spirit" juga lumayan buat di baca

http://www.mangafox.com/manga/sprite/











Kamis, 14 April 2011

Turnamen Bakmi Ko'Fei, 22 mei 2011

Lomba makan bakmie total hadiah Rp 25.000.000,-
pendaftaran di tutup tgl 10 mei 2011 ( tempat terbatas).

La Piazza mal kelapa gading.
minggu, 22 mei 2011. 16:00~18:00 Wib.
info selengkapnya:
tlp: 021-4514188
www.facebook.com/BakmieKoFei

Senin, 11 April 2011

kotak mika, kotak plastik, bungkusan

toko sinar cahaya
Jl toko tiga no. 42
jakarta kota.
tlp: 6908023- 6923426, fax: 6912014

minimum kotak plastik 500.000

Lampu cabe

pindahan catatan lampu cabe: 55.000,- (50) @ 1.100,- thn 2010.

Kurnia jaya Glodok makmur no 30 H-I Jl.
Hayam wuruk jak-bar.
tlp: 021 62202073
fax: 021 6260620
esia: 021 93771891
hendra
kung ivana( 0811 144416).
ingat lampu cabe mesti di test dulu

Minggu, 10 April 2011

klinik JIVAKA

klinik JIVAKA sudah tumbuh dan berkembang sudah punya gedung baru. 

Dulu masih di ruko, masih ingat dulu di suatu kebaktian di umumkan bahwa klinik jivaka akan membagikan kartu pengobatan gratis bagi warga kurang mampu di sekitar vihara dan kita di minta untuk membantu atau berpartisipasi bagi kegiatan ini.

Mulai dari sana aku ada menyediakan dana seadanya hampir setiap bulan lama -lama tdk ditulis untuk pengobatan gratis, kadang susah juga loh mau dana pernah suatu ketika ada bilang sekarang mau dana ke klinik jivaka mesti transfer ke rekening sekian2, sampai hah! ada apa ini? kenapa tdk bisa jalur biasa. tapi untung nya yg jaga loket pengertian soal nya memangnya wa biasa bayar lewat loket di ekayana graha. 

wah, melihat klinik jivaka sudah punya gedung baru rasa nya senang juga, tentu nya ini juga hasil jeri payah para demarwan, sukarelawan, umat, sangha dll yang tdk dapat disebutkan satu persatu. 

Bila melihat dari masa tersebut yang lalu ketika melakukan dana tsb rasanya sakit dan 1/2 mati mengeluarkan uang utk dana tsb, melihat kondisi sekarang sudah mampu dari cuma dana untuk sanghadana, klinik jivaka, dian dharma, terakhir anak asuh.

Event Medical Check Up (10 April 2011)

Event Medical Check Up (10 April 2011)

    Klinik Jivaka Ekayana Buddhist Centre bekerja sama dengan laboratorium Klinik Utama Bio Medika mengadakan Event Medical Check Up pada:
    Hari/Tanggal : Minggu, 10 April 2011
    Pukul : 07.00 - 10.00
    Tempat : Ekayana Buddhist Centre (Vihara Ekayana Grha)
- Pasien diwajibkan puasa 10 - 12 Jam
    - Bagi pasien dengan pemeriksaan glukosa Puasa 2 jam PP paling lambat darah pertama diambil pkl. 09.00
    - Hasil MCU dapat diambil pada tgl 13 April 2011

    A. Medical Check Up Standard
    Harga Normal: Rp. 266.000,-
    Harga Umat Ekayana: Rp 213.000,-
    • Lemak Lengkap (Tot Chol, HDL, LDL, Triglycerides)
    • Fungsi Ginjal (ureum, creatinine, uric acid)
    • Glukosa Puasa

    B. Medical Check Up Standard Plus
    Harga Normal: Rp. 391.000,-
    Harga Umat Ekayana: Rp 313.000,-
    • Darah Lengkap
    • Urine Rutine
    • Lemak Lengkap (Tot Chol, HDL, LDL, Triglycerides)
    • Fungsi Ginjal (ureum, creatinine, uric acid)
    • Glukosa Puasa

    C. Medical Check Up Lengkap
    Harga Normal: Rp. 474.500,-
    Harga Umat Ekayana: Rp 380.000,-
    • Darah Lengkap
    • Urine Rutine
    • Fungsi hati (SGOT, SGPT)
    • Lemak Lengkap (Tot Chol, HDL, LDL, Triglycerides)
    • Fungsi Ginjal (ureum, creatinine, uric acid)
    • Glukosa Puasa, Glukosa 2 jam pp

    D. Medical Check Up Menyeluruh
    Harga Normal: Rp. 657.000,-
    Harga Umat Ekayana: Rp 526.000,-
    • Darah Lengkap
    • Urine Rutine
    • Fungsi Hati (SGOT, SGPT)
    • Lemak Lengkap (Tot Chol, HDL, LDL, Triglycerides)
    • Fungsi Ginjal (ureum, creatinine, uric acid)
    • Glukosa Puasa, Glukosa 2 jam pp
    • Immunologi (HBsAg, Anti HbsAg)

    E. Paket Pengendalian Diabetes
    Harga Normal: Rp. 419.500,-
    Harga Umat Ekayana: Rp 336.000,-
    • Glukosa Puasa, Glukosa 2 jam pp
    • HbA1C
    • Lemak Lengkap (Tot Chol, HDL, LDL, Triglycerides)
    • Urine Rutine

    F. Paket Lemak
    Harga Normal: Rp. 152.500,-
    Harga Umat Ekayana: Rp 122.000,-
    • Lemak Lengkap (Tot Chol, HDL, LDL, Triglycerides)

    G. Paket Fungsi Ginjal Dan Fungsi Hati
    Harga Normal: Rp. 150.000,-
    Harga Umat Ekayana: Rp 120.000,-
    • Fungsi Ginjal (ureum, creatinine, uric acid)
    • Fungsi Hati (SGOT, SGPT)

    H. Paket Usia Muda
    Harga Normal: Rp. 530.000,-
    Harga Umat Ekayana: Rp 424.000,-
    • Darah Lengkap (HB, Leu, Diff, Eri, Tr, Ht, MCV, MCHC, LED)
    • G6PD
    • SI/TBC
    • FERITIN

    I. Paket Screaning Diabetes
    Harga Normal: Rp. 222.000,-
    Harga Umat Ekayana: Rp 178.000,-
    • Glukosa Puasa, Glukosa 2 jam pp
    • HbA1C

    J. Paket Hepatitis
    Harga Normal: Rp. 712.500,-
    Harga Umat Ekayana: Rp 570.000,-
    • HbsAg
    • Anti HCV
    • Anti HAV
    • SGPT
    • Gamma GT

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
    Ibu Lucy : 0816892422
    Rini : 021-85357579


    EKAYANA BUDDHIST CENTRE
    Jl. Mangga II No. 8, Tanjung Duren Barat - Green Ville
    Duri Kepa - Jakarta Barat 11510
    Telp: +62-21-5687921-22
    Fax: +62-21-5687923
    Email: info [at] ekayana.or.id

wakakaka, rupanya wa berilusi bisa dapet lebih murah dari yang Rp 900.000,-

wa tadi pergi ke "ekayana graha" sekitar 8:30 kemudian ke lantai dua gedung baru di dekat tempat parkir sepeda motor.

Dapet nomor 98, setelah menunggu cukup lama kemudian di panggil dan minta di chek tuh formulir priksa darah atau medi check nya setelah akhirnya di hitung hitung harganya Rp 2.000.000,- bukan murah malah jadi dua kali lipat, wa ketawa dalam hati.

Bagaimana pun juga koko wa punya medi check adalah rujukan dokter dan memang bukan dalam sistem paket yang mereka ada kan dalam event medical check up ini

Begitulah Dunia.  

Rabu, 06 April 2011

Vegetarian tahap II, 1 april 2011 s/d 1 april 2012

hmm, masuk masa vegetarian tahap 2 dari tanggal 1 april 2011 ke tanggal satu april 2012.

wah langsung dapat rintangan koko wa sakit, dah tiga bulan sihh sebenarnya dari bulan kemarin suruh kedokter tapi dia ngeyel minta ampun dah susah nya.

kemarin sih dah ke dokter kilink tomang di kasih nya malah obat maag/ sakit lambung cuma wa tidak anterin, jadi tadi wa temenin ke dokter lain  habis sudah makan obat belum sembuh gitu.

Obatnya cuma tebus 1/2 resep ( di suruh tebus 1/2 resep dulu kata dokternya) dah 128 ribu rupiah, yang parah tah periksa lab + x ray(rontgen) nya wa tanya tanya kira kira berapa biaya nya taksiran kasar tuh 1 juta ( blug rasanya kena jatuh  batu dari atas ). 

Yah mau bagimana lagi terang toh wa yang mesti keluar satu juta ini, namanya juga saudara sendiri gitu dah.

Jadi mau cari dan tanya tanya dimana yah periksa lab dan rontgen yang tidak terlalu mahal dah? setidak nya masih ada waktu seminggu. 

Untung sudah ada persiapan uang untuk emergency yah kadang kadang di perlukan di saat saat seperti ini meskipun dana emergency ini tidak terlalu banyak setidaknya menolong lahh. 

Tapi tetap mesti mengatur budget/anggaran  tuk bulan ini soalnya dah keluar dana bulanan, dana ceng beng, dan mau dana gema waisak juga buat bulan depan (soalnya kan tuh acara gema waisak jatuh nya hari minggu).

Juga mesti memperhatikan uang buat THR pembantu, mulai bulan ini juga mesti ada disisihkan.  

Selasa, 05 April 2011

Ceng beng/ Qing ming 2011

Hari ini Ceng beng, seperti biasa wa menyerahkan pada vihara Ekayana Graha untuk mewakilkan diri ku, jadi lebih efisient dan praktis. Tidak tahu ada bakar2 kertas kim dan gin tdk, setidak nya biarpun ada pastinya lebih sedikit daripada dilakukan sendiri.

Kantin sujata juga mengadakan paket untuk sembahyang cengbeng ini yang pertama paket nasi+ 3 macam sayur teruntuk yg bersangkutan, juga paket nasi+ 5 macam sayur ( Rp 55.000,-).

Yang pasti tradisi bakar bakar kertas dan uang arwah ini tdk ada dalam tradisi awal Buddhisme.

wa, pasti nya meletakan nama Devadata sebagai Paceka Buddha masa depan yg bernama "Ati sara". Boleh di bilang menanam kebajikan untuk masa depan siapa tahu dalam kehidupan yang entah kapan bisa bertemu seorang Paceka Buddha tentu nya juga pengen bertemu dan belajar dhamma dari SammasamBuddha Maitreya juga.

well, ternyata banyak juga yah yang melakukan nya dengan cara masing masing bahkan kata pelanggan wa papanya melakukan perayaaan cengbeng dengan dateng ke kuburan jam satu pagi menggunkan lampu petromax, malem malem untuk sembhayang CengBeng ini.

ada juga yang sedehana yang menderetkan foto foto yang sudah berpulang di meja dan melakukan sembahyang ceng beng ini dengan sederhana.

ada yang dateng kekuburan membersihkan dan melakukan sembahyang ini disana.

ada yang mesti pulang kampung dulu ke daerah daerah dimana makam keluarga berada.

Bahkan ada yang pulang ke indonesia dan pergi keluar negri khusus untuk sembahyang Ceng beng ini.

Minggu, 03 April 2011

Galaxy Tour and Travel

Pemindahan Catatan/arsip:

Galaxy tour and travel
telpon (021) 6917870
Jakarta.

*Tiket pesawat domestik dan international
*Voucher hotel

thn 2009
Sriwijaya,
jakarta- malang harga tiket Rp 390.000,-

thn 2010
Sriwijaya,
tgl 27-April (04)- 2010 pesan untuk tanggal 5 -mei- 2010
jakarta- malang harga tiket Rp 465.000,-

thn 2011
Sriwijaya,
tgl 1- April(04) -2011tiket untuk tanggal 28 /29 april 2011
jakarta- malang harga tiket Rp 550.000,-

Bel Mart

Hari ini karena tunggu toko buku Uranus mau buka jam 13:00 di tanjung duren selatan jadi menunggu buka daripada bengong tuh didepan pintu belum ke buka jadi masuk ke "Bel Mart"  jualan daging ayam, pengen tahu nih sebenarnya seperti apa sih isi tokonya ternyata tidak jualan daging ayam mentah saja tapi ada bumbu siap pakai juga tohh,

seperti semur ( bisa bikin semur kentang dah), bumbu rendang, bumbu kari, juga ada jualan telur ayam negri [hah tinggal tuang bumbu rendang masuk kentang dan telur jadi telur rendang dan kentang rendang jadi mudah masak nya], telur ayam kampung, bumboe instant, ada juga jual saos tomat, kecap sambel, mantao kosong bahkan ada snack nya.

Ada juga jualan ayam panggang( di oven) 32.000 rupiah ada juga ayam yang sudah di bumbui tinggal masak saja.  Ada jual bumbu jadi tinggal masukkan bahan nya seperti bumbu kari jadi di masukan plastik yang tersegel ( tampaknya sangat fresh nih bumbu kari ).

saat ini sedang berkompert ria ala lesehan ( baru kali ini tahu main komputer bisa lesehan [duduk di lantai]  ada ada saja idenya yahh.

Waisak tour the cilacap(16 s/d 18- mei- 2011, 3 hari 2 malam)

biasa dapet selebaran tour dari remaja tour, nih tour kreatif juga yahh dalam menyelengarakan acara

remaja tour
jln tubagus angke no123, jak-bar
(021) 6302630


Waisak tour the cilacap
oleh bhante DHAMMA TEJO
16 s/d 18 mei 2011

acara merayakan tri suci waisak, mengadakan acara waisak tour oleh bhante Dhamma Tejo di vihara cilacap, vihara tegal sambil menghirup udara segar pegunungan guci , batu raden, dan goa jati jajar

jadwal tour

senin 16 mei
5:30 wib peserta kumpul di remaja tour
6:00 peserta berangkat menuju tegal melalui tol cikampek , makan siang di subang sampai kota tegal singgah di kelenteng tee hay khiong, di lanjutkan di gunung guci utk menghirup udara segar dan air panas dan bermalam disana.

selasa 17 mei
 peserta kumpul di goa jati jajar untuk melihat pemandangan alam
7:00 setelah kita merayakan detik detik waisak pukul 6:05 di cilacap dan bermalam di batu raden

rabu 18 mei
 peserta kumpul menuju tempat wisata batu raden
05:00wib setelah itu kembali kejakarta melalui berebes , indramayu melalui pantura


biaya 600.000,- rupiah perpeserta (anak anak bayar full charge)

biaya sudah termasuk
trnasportasi bus ac blue star kaaraoke (seat 2-2)
penginapan /hotel (1 kamar 2 orang)
tiket masuk wisata

pendaftaran paling lambat 1 mei 2011
untuk pendaftaran membayar uang muka 300.000,- rupiah

untuk informasi lebih lanjut
remaja tour (021) 6302630
sdr savano satrio (021) 91293658
sdr Sujadi rusli 085288187030


ada kemajuan kayak nya yahh:
untuk mendaftarkan 10 orang bonus 1 orang free charge + handphone esia

Budhist Camp 21 s/d 24 April 2011

Budhist Camp 2011
"Cintai Alam Lestarikan Dharma"

Buat teman-teman yang berusia 17-30thn yang ingin menambah ilmu, teman, pengalaman dan mencari suasana yang berbeda inilah acaranya.

Rangkaian Acara:
Hiking ke air terjun, Outbound, Jurit Malam, Malam kesenian dan budaya.

Lokasi: Situ Gunung Sukabumi
Berangkat: 21 April 2011 pkl 20.00
Pulang: 24 April 2011 pkl 15.00
Biaya: Rp. 220rb (sudah termasuk transport, makan, menginap dan kaos)

Ayo teman-teman segera daftarkan diri kamu ke acara yang seru ini.
Pendaftaran dan Informasi dpt menghubungi:
Linda(08176720588) atau
Setiawan(081807791925) atau
bisa juga lsng bertanya di Stan yang ada di Ekayana Grha.

Day of Mindfulness with Wanita Buddhist Ekayana Buddhist Centre Senin, 18 April 2011

Day of Mindfulness with Wanita Buddhist Ekayana Buddhist Centre


Retret Sehari bersama Wanita Buddhist Ekayana Buddhist Centre

Hari/Tgl: Senin, 18 April 2011
Pukul: 09.00 - 16.00 WIB
Tempat: DOM (Gedung Serbaguna Ekayana)
Pendaftaran: Ibu Lucy 0816-892-422, Receiptionist EBC: 568-7921/22

- Pakaian rapih dan sopan
- Khusus utk wanita berusia 17 sampai dengan 70 tahun

"Hidup Sehari Berkesadaran, Menjernihkan Hati dan Pikiran"

NB: Peserta terbatas hanya utk 250 peserta (GRATIS)

Gema waisak STI hari Minggu, 1 -Mei -2011






sorry kalau gambarnya kecil dapetnya seperti itu sihh
nah dah dapet yang ukuran besar jadi lebih jelas.

http://www.facebook.com/friends/edit/?sk=requests#!/profile.php?id=100000124333115

Kamis, 31 Maret 2011

Pameran kartu kredit?

Kemarin ada pelanggan yang sangat membanggakan dirinya dan pamer kartu kreditnya (kartu utang) ada banyak gitu, wa sih senyum senyum saja dalam hati wa nih orang dah ketinggalan jaman kali yah, buat apa kartu utang punya dia di pamer pamerin? apa sih yang di banggakan dengan mempunyai banyak hutang disana sini?

Kalau dia ada pamer surat deposit satu mliyar rupiah ada 1 juta lembar tuh baru bener kali yahh! kartu utang gitu buat apa pamer?

Jumat, 25 Maret 2011

No. 5. TAṆḌULANĀLI-JĀTAKA.

No. 5.
TAṆḌULANĀLI-JĀTAKA.

"Dost ask how much a peck of rice is worth?"--This was told by the Master, whilst at Jetavana, about the Elder Udāyi, called the Dullard.

At that time the reverend Dabba, the Mallian, was manciple to the Brotherhood 1. When in the early morning Dabba was allotting the checks for rice, sometimes it was choice rice and sometimes it was an inferior quality which fell to the share of the Elder Udāyi. On days when he received the inferior quality, he used to make a commotion in the check-room, by demanding, "Is Dabba the only one who knows how to give out checks? Don't we know?" One day when he was making a commotion, they handed him the check-basket, saying, "Here! you give the checks out yourself to-day!" Thenceforth, it was Udāyi who gave out the checks to the Brotherhood. But, in his distribution, he could not tell the best from the inferior rice; nor did he know what seniority 2 was entitled to the best rice and what to the inferior. So too, when he was making out the roster, he had not an idea of the seniority of the Brethren thereon. Consequently, when the Brethren took up their places, he made a mark on the ground or on the wall to shew that one detachment stood here, and another there. Next day there were fewer Brethren of one grade and more of another in the check-room; where there were fewer, the mark was too low down; where the number was greater, it was too high up. But Udāyi, quite ignorant of detachments, gave out the checks simply according to his old marks.

Hence, the Brethren said to him, "Friend Udāyi, the mark is too high up or too low down; the best rice is for those of such and such seniority, and the inferior quality for such and such others." But he put them back with the argument, "If this mark is where it is, what are you standing here for? Why am I to trust you? It's my mark I trust."

Then, the boys and novices [124] thrust him from the check-room, crying, "Friend Udāyi the Dullard, when you give out the checks, the Brethren are docked of what they ought to get; you're not fit to give them out; get you gone from here." Hereupon, a great uproar arose in the check-room.

Hearing the noise, the Master asked the Elder Ānanda, saying, "Ānanda, there is a great uproar in the check-room. What is the noise about?"

The Elder explained it all to the Buddha. "Ānanda," said he, "this is not the only time when Udāyi by his stupidity has robbed others of their profit; he did just the same thing in bygone times too."

The Elder asked the Blessed One for an explanation, and the Blessed One made clear what had been concealed by re-birth.


http://www.sacred-texts.com/bud/j1/j1008.htm

Quote
TAṆḌULANĀLI-JĀTAKA
“Berapakah kiranya nilai satu takaran beras?” dan
seterusnya. Kisah ini diceritakan Sang Guru ketika berada di
Jetawana, tentang Thera Udāyi, yang dipanggil si Dungu.

Pada masa itu, seorang bhikkhu bernama Dabba, dari suku Malla, bertugas mengatur pembagian persediaan bahan makanan untuk Sanggha21. Di pagi hari Dabba sedang menentukan beras untuk dibagikan, kadang-kadang beras pilihan dan kadang-kadang beras yang mutunya lebih rendah, yang diberikan kepada Bhikkhu Udāyi. Biasanya saat menerima beras yang mutunya lebih rendah, ia membuat kericuhan di ruang penyimpanan dengan berkata, “Apakah Dabba satu-satunya orang yang mengetahui cara menentukan beras? Bukankah kita semua juga bisa?” Suatu hari, saat ia ricuh, mereka menyerahkan keranjang periksa kepadanya dan berkata, “Ambillah! Mulai hari ini, engkau yang menentukan pembagian beras!” Sejak itu, Udāyi bertugas menentukan pembagian beras kepada bhikkhu Sanggha. Namun, dalam pembagian yang dilakukannya, ia tidak mengetahui perbedaan beras yang mutunya bagus dan beras yang mutunya lebih rendah; ia juga tidak tahu bhikkhu senior22 dengan kedudukan apa berhak mendapatkan beras dengan kualitas baik maupun beras dengan mutu yang lebih rendah. Karena itu, saat menyusun daftar nama, ia tidak mengetahui kesenioran kedudukan para bhikkhu. Akhirnya, saat para bhikkhu mengambil tempat, ia menandai lantai maupun dinding untuk menunjukkan pemisahan siapa yang berdiri di sini dan siapa yang berdiri di sana. Di kemudian hari, lebih sedikit bhikkhu pada tingkatan tertentu dan lebih banyak bhikkhu tingkatan yang lain; dimana dengan jumlah yang semakin sedikit, tanda itu semakin menurun, dan untuk jumlah yang bertambah banyak, tandanya juga mengalami kenaikan. Namun Udāyi yang tidak mengetahui tentang pemisahan itu, membagikan penentuan beras hanya menurut tanda lama yang ia buat.

Karena itu, para bhikkhu berkata kepadanya, “Awuso Udāyi, tanda yang engkau buat terlalu tinggi atau terlalu rendah; beras yang mutunya baik, diberikan kepada bhikkhu berkedudukan demikian dan beras yang mutunya lebih rendah diberikan kepada bhikkhu dengan kedudukan yang lain.” Namun ia menyanggah dengan alasan, “Tanda itu berada di tempat seharusnya ia berada. Jika bukan tempatmu, mengapa engkau berdiri di sana? Mengapa saya harus percaya padamu? Saya hanya percaya pada tanda yang saya buat.”

 Para bhikkhu dan samanera [124] mendorongnya keluar dari tempat penyimpanan itu dan berteriak, “Temanku Udāyi yang dungu, karena pembagian yang kamu lakukan, para bhikkhu tidak mendapat apa yang seharusnya menjadi bagian mereka; kamu tidak cocok untuk melakukan tugas ini; pergilah dari sini!” Kegaduhan pun terjadi di ruang penyimpanan tersebut.

Mendengar keributan itu, Sang Guru bertanya pada Ānanda, “Ānanda, ada kegaduhan di ruang penyimpanan. Keributan apakah itu?”

Thera Ānanda menjelaskan kejadian tersebut pada Buddha. “Ānanda,” kata Beliau, “ini bukan pertama kalinya kebodohan Udāyi membuat ia merampas apa yang menjadi milik orang lain; ia juga melakukan hal yang sama di masa lampau.”

Ānanda meminta Bhagawan menjelaskan, kemudian Beliau menceritakan hal yang selama ini tidak Ananda ketahui dikarenakan kelahiran kembali.

http://www.scribd.com/doc/31483424/Jataka-Vol-1

cerita ini banyak keanehan nya, menurut kalian apakah sangha meributkan hal seperti ini? bila bukan anggota sangha atau umat pada umumnya mungkin atau wajar ada keributan seperti ini. coba bayangkan bila dari bhikku pemula sampai yang senior adalah arahat apakah akan terjadi keributan seperti ini? bukan nya kita makan untuk hidup dan bukan hidup untuk makan? kenapa kualitas beras yang dimakan untuk hidup menjadi persoalan dan menjadi sumber pertikaian dalam cerita ini?


[quote author=Indra link=topic=13269.msg334992#msg334992 date=1301146969]

hmm, bila di pertimbangkan dari cerita no 4 sampai cerita no 6 cerita no 5 ini aneh masa bhikku makan beras? mestinya kan makan nasi.

 Rice memang bisa berarti beras atau nasi, tapi utk kasus di atas tidak tau alasan apakah yg membuat si penerjemah memilih kata beras dan bukan nasi.

Quote
Lagian kalau dapet beras tuh mesti di masak menjadi nasi jadi pertanyaan nya dapur vihara jetavana sebesar apa? apa bisa menampung 500 orang bhikku memasak beras menjadi nasi belum bahan bakarnya yaitu potongan kayu bakar bukan nya para bhikku di larang memotong/menebang pohon dan belum lagi mengolah sayur mayur atau lauk pauk nya kan mesti memakai pisau untuk memotong bahan makanan seperti timun dll, bukan nya para bhikku ini tidak boleh memotong biji bijian?


para bhikkhu tidak memasak makanan, para bhikkhu hanya menerima persembahan makanan siap santap, bukan bahan makanan mentah. jadi memang "beras" di situ sepertinya tidak tepat
[/quote]

Jumat, 04 Maret 2011

Banten tour 1 hari (minggu, 20 maret 2011)

Hari ini toko dapet selebaran tour lagi dari remaja tour.

Remaja tour
Jl Tubagus Angke no:123 jak-bar
telp:6302630- 91293658


Banten tour satu hari tanggal 20 maret 2011 minggu,
bla bla bla ... singkat kata, tour dalam acara memperingati Avalokitesvara yang jatuh pada JIE Gwee tanggal 21 maret 2011, mengadakan perjalann zairah ke vihara banten, vihara serpong, vihara pasar lama tangerang, vihara tanjung kait, vihara pasar baru tangerang.

jadwal perjalanan tour:

  5:30  wib:  peserta berkumpul di seberang perumahan permata kota
  6:00  wib:  peserta berangkat menuju vihara banten  di dalam bus mendapat sarapan pagi.
10:00  wib:  peserta menuju vihara serpong
11:30  wib:  peserta menuju vihara vihara pasar lama tangerang.
12:00  wib:  makan siang di restoran chinnese food tangerang
13:00  wib:  peserta menuju vihara tanjung kait.
16:00  wib:  peserta menuju vihara pasar baru tangerang.
17:30  wib:  makan sore di rumah makan padang
18:00  wib: kembali ke jakarta.

Biaya Rp 160.000,- /Peserta
biaya termasuk:
-transportasi  Bus ac blue star karaoke.
-makan pagi, siang dan sore.

untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi

*Sdr savano satrio BSc tlp (021) 91293658
*Remaja Tour tlp: (021)6302630

Rabu, 02 Februari 2011

Tahun Kelinci Emas (logam) dan renungan dari Sasa jataka no 316 dari Jataka Athakata

Kebetulan sekali imlek tahun tanggal 3-2-2011 ini adalah dimulai nya tahun kelinci emas (logam) mari kita baca tentang tekad yang lebih kuat dari logam yang tidak takut leleh oleh api.

No. 316.

SASA-JĀTAKA.


“Tujuh ekor ikan merah,” dan seterusnya. Kisah ini diceritakan oleh Sang Guru ketika berdiam di Jetavana, tentang pemberian derma yang mencakup semua. Dikatakan, seorang tuan tanah di Savatthi, menyediakan semua keperluan bagi para Saṅgha (Sangha) yang dipimpin oleh Sang Buddha. Ia membangun sebuah paviliun di depan rumahnya dan mengundang semua rombongan anggota Sangha dan Sang Buddha sebagai pemimpin mereka. Ia memberikan tempat duduk yang elegan dan menyajikan pelbagai makanan lezat dan pilihan. Dan dengan berkata, “Datanglah kembali esok hari,” ia melayani mereka selama satu minggu penuh, dan pada hari ketujuh ia mempersembahkan semua keperluan kepada Sang Buddha dan kelima ratus bhikkhu yang mengikuti-Nya. Pada akhir persembahan tersebut, sebagai ucapan terima kasih, Beliau berkata, “Upasaka, Anda telah bertindak benar dalam memberikan kebahagiaan dan kenyamanan batin dengan pemberian derma ini. Karena ini juga merupakan kebiasaan dari orang bijak di masa lampau, yang mengorbankan dirinya sendiri untuk pengemis yang mereka jumpai, bahkan ia juga memberikan dagingnya sendiri kepadanya untuk dimakan.” Dan atas permintaan tuan tanah itu, Beliau menceritakan sebuah kisah masa lampau.

______________________________

Dahulu kala ketika Brahmadatta memerintah di Benares, Bodhisatta terlahir menjadi seekor kelinci dan tinggal di dalam hutan. Pada salah satu sisi hutan itu terdapat kaki gunung, pada sisi yang lain terdapat sebuah sungai, dan pada sisi yang ketiga terdapat sebuah desa perbatasan. Kelinci itu mempunyai tiga sahabat—seekor kera, seekor serigala dan seekor berang-berang. Keempat makhluk bijak ini tinggal bersama dan mereka masing-masing mencari makan di lahan mereka sendiri, dan berkumpul pada petang hari. Kelinci, dengan kebijaksanaannya, memberi wejangan berupa pemaparan kebenaran kepada ketiga sahabatnya, mengajari mereka untuk memberi derma (berdana), menjalankan latihan moralitas (sila), dan memperingati hari-hari suci. Sahabat-sahabatnya menerima wejangannya dan masing-masing pulang kembali ke tempat tinggal mereka di sisi-sisi hutan itu.

Pada suatu hari, Bodhisatta meninjau langit dan memandang bulan, mengetahui bahwa keesokan harinya adalah hari Uposatha. Kemudian ia berkata kepada para sahabatnya, “Besok adalah hari Uposatha. Marilah kita menjalankan sila dan laku Uposatha. Ia yang memberi derma disertai dengan menjalankan sila tentulah mendapatkan hasil perbuatan yang amat mulia. Oleh karena itu, berikanlah makanan kepada orang yang datang meminta kepada kalian dengan makanan dari tempat kalian sendiri. Mereka semua menyetujuinya dan kembali ke tempat tinggal masing-masing.

Pada keesokan paginya, berang-berang berangkat untuk mencari makanannya di tepi Sungai Gangga. Kala itu, seorang nelayan telah menangkap tujuh ekor ikan merah, mengikat ikanikan itu dengan tali pada satu ranting, menguburnya di dalam tanah di tepi sungai. Kemudian ia kembali mengarungi sungai ke bagian hilir untuk mendapatkan lebih banyak ikan. Berang-berang yang mencium bau ikan di dalam tanah, menggali tanah dan menemukannya. Ia menarik keluar ikan-ikan itu dan berkata dengan keras, sebanyak tiga kali, “Siapakah empunya ikan-ikan ini?” Karena tidak melihat siapa pun sebagai pemiliknya, berangberang, dengan menggigit ranting tersebut, membawa ikan-ikan itu ke hutan tempat ia tinggal dengan niat untuk memakannya pada waktu yang tepat, kemudian ia berbaring dan memikirkan tentang latihan moralnya.

Demikian halnya dengan serigala, ia juga berangkat untuk mencari makanan dan menemukan dua besi pemanggang, seekor kadal besar dan satu kendi dadih di dalam pondok seorang penjaga ladang. Setelah tiga kali berkata dengan keras, “Siapakah yang empunya benda-benda ini?” ia pun melingkarkan tali di lehernya untuk mengangkat kendi, membawa kadal dan besi pemanggang dengan cara menggigitnya. Ia membawa mereka ke sarangnya dan berpikir, “Saya akan memakan ini pada waktu yang tepat,” kemudian berbaring, memikirkan tentang latihan moralnya.

Demikian halnya juga dengan kera, ia pergi ke dalam hutan belantara dan mengumpulkan buah-buah mangga, kemudian membawanya kembali ke dalam hutan tempat ia tinggal dengan niat untuk memakannya pada waktu yang tepat. Ia pun berbaring sambil memikirkan tentang latihan moralnya.

Sedangkan Bodhisatta pada waktu yang sama keluar dari tempat tinggalnya, dengan tujuan untuk mendapatkan rumput kusa. Ketika ia berbaring di dalam hutan (tempat ia tinggal), pemikiran ini terlintas dalam benaknya, “Tidaklah mungkin bagiku untuk menawarkan rumput kepada orang yang datang meminta kepadaku nanti, dan saya juga tidak mempunyai minyak (wijen) atau beras, dan sebagainya. Jika ada orang yang datang meminta makanan kepadaku nanti, akan kuberikan dagingku sendiri kepadanya untuk dimakan.” Dikarenakan kekuatan kebajikannya ini, takhta marmer kuning Dewa Sakka menjadi panas. Sakka, dengan kekuatannya memindai, menemukan penyebabnya dan berniat untuk menguji si kelinci. Pertama-tama, ia pergi ke kediaman berang-berang, dalam samarannya sebagai seorang brahmana (petapa). Ketika ditanya mengapa ia berdiri di sana, ia menjawab, “Tuan yang bijak, jika saya bisa mendapatkan sesuatu untuk makan, maka saya akan dapat menjalankan laku Uposatha.” Berang-berang berkata, “Baiklah, saya akan memberikanmu makanan,” dan pada saat ia berbicara dengannya, ia mengulangi bait pertama berikut:

Tujuh ekor ikan merah yang kubawa pulang ke daratan dari Sungai Gangga,
wahai brahmana, makanlah ini sepuasnya, dan tinggallah di hutan ini.

Brahmana itu berkata, “Tunggulah sampai besok, saya akan mengambilnya.” Berikutnya, ia pergi ke kediaman serigala, ketika ditanya dengan pertanyaan yang sama, ia pun menjawab dengan jawaban yang sama. Serigala juga bersedia memberikannya makanan, dan pada saat berbicara dengannya, ia mengulangi bait kedua berikut:

Seekor kadal dan satu kendi dadih,
makan malam si penjaga,
dua besi pemanggang untuk memanggang daging yang kudapatkan ini:
Akan kuberikan kepadamu:
Wahai brahmana, makanlah ini sepuasnya,
dan tinggallah di hutan ini.

Brahmana itu berkata, “Tunggulah sampai besok, saya akan mengambilnya.” Kemudian, ia pergi ke kediaman kera, dan ketika ditanya dengan pertanyaan yang sama, ia pun menjawab dengan jawaban yang sama. Kera menawarkan makanan untuknya, dan pada saat berbicara dengannya, ia mengulangi bait ketiga berikut:

Aliran sungai yang dingin, buah mangga yang ranum,
tempat teduh yang menyenangkan di hutan,
wahai Brahmana, makanlah ini sepuasnya,
dan tinggallah di hutan ini.

Brahmana itu berkata, “Tunggulah sampai besok, saya akan mengambilnya.” Kemudian ia pergi ke kediaman si kelinci bijak, dan ketika ditanya mengapa ia berdiri di sana, ia pun menjawab dengan jawaban yang sama seperti sebelumnya. Bodhisatta merasa sangat gembira mendengar apa yang ia inginkan, dan berkata, “Brahmana, Anda telah melakukan hal yang benar dengan datang meminta makanan kepadaku. Hari ini akan kuberikan kepadamu persembahan yang belum pernah kuberikan sebelumnya, tetapi Anda tidak akan melanggar sila dengan mengambil nyawa hewan. Teman, pergilah dan sesudah Anda mengumpulkan kayu bakar dan menyalakan api, datanglah kembali ke sini dan beri tahu saya, saya akan mengorbankan diriku sendiri dengan melompat ke dalam api. Bilamana dagingku telah terpanggang (cukup matang), makanlah sesukamu dan jalankanlah kewajibanmu sebagai seorang petapa.” Demikian si kelinci berbicara kepadanya dan mengucapkan bait keempat berikut:

Bukan wijen, bukan kacang-kacangan,
bukan pula beras yang kumiliki sebagai makanan untuk didermakan,
melainkan kukorbankan dagingku sendiri untuk dipanggang dalam api,
jika Anda ingin tinggal di hutan ini bersama kami.

Setelah mendengar apa yang dikatakannya, dengan kesaktiannya, Sakka memunculkan satu tumpukan bara api yang berkobar-kobar dan memberi tahu Bodhisatta. Setelah bangkit dari ranjang rumput kusanya dan datang ke tempat itu, kelinci mengibas-ngibaskan tubuhnya tiga kali agar serangga-serangga kecil atau kutu-kutu di tubuhnya tidak mati, ikut terbakar. Kemudian untuk mempersembahkan seluruh tubuhnya sebagai derma, ia melompat masuk ke dalam tumpukan bara api dalam kegembiraannya, seperti seekor angsa yang terbang turun ke tumpukan terata. Tetapi kobaran api itu tidak mampu membakarnya, bahkan tak sehelai rambutnya pun terbakar, dan ia seolah-olah seperti masuk ke dalam sebuah tempat yang sangat dingin. Kemudian ia menyapa Sakka dengan kata-kata berikut: “Brahmana, api yang Anda nyalakan ini sedingin es: api ini tidak membakar tubuhku, bahkan tak sehelai rambutku pun terbakar. Apa arti semua ini?” “Tuan yang bijak,” jawabnya, “saya bukanlah seorang brahmana, saya adalah Dewa Sakka dan saya datang untuk menguji kebajikanmu.” Kemudian Bodhisatta berkata, “Sakka, bukan hanya dirimu, jika seluruh penghuni dunia ini mengujiku dalam hal berdana, mereka tidak akan menemukan keengganan dalam diriku untuk memberi,” dan setelah mengucapkan kata-kata ini, Bodhisatta mengeluarkan jeritan kebahagiaan seperti auman seekor singa. Kemudian Sakka berkata Bodhisatta, “Wahai kelinci bijak, biarlah kebajikanmu ini dikenal selama waktu yang tak terhitung lamanya.” Setelah meremas sebuah gunung dan mengambil sarinya, Sakka membuat gambar seekor kelinci di bagian tengah bulan. Kemudian setelah mengembalikan kelinci pada ranjang rumput kusa, ia pun kembali ke kediamannya di alam dewa. Keempat makhluk bijak itu tinggal bersama dengan bahagia dan harmonis, menjalankan sila dan memperingati hari-hari suci, sampai akhirnya mereka terpisah untuk menuai hasil sesuai perbuatan mereka masing-masing.

______________________________

Sang Guru, setelah selesai menyampaikan uraian-Nya, memaklumkan kebenarannya dan mempertautkan kisah kelahiran ini:—Di akhir kebenarannya, tuan tanah yang berdana semua keperluan itu mencapai tingkat kesucian Sotāpanna (Sotapanna):— Pada masa itu, Ānanda adalah berang-berang, Mogallāna adalah serigala, Sāriputta adalah kera, dan saya sendiri adalah si kelinci bijak.”
 http://www.scribd.com/doc/31485137/Jataka-Vol-3
  page/halaman 39

Kamis, 13 Januari 2011

Hoshi, Japanese Healthy Bread

wah, tadi baru dari central park belanja minyak goreng ke carefour.
lalu ke Hoshi japanese healthy bread tidak jauh dari carefour lohh( LT.LG-107)

Mau beli roti Elmo( roti coklat) sayang sudah habis dah, jadi beli roti yang lain Aici chiken egg dan Taro kaya pan.

Sebenarnya dah sering kesini beli roti, dulu pas pertama beli atau kedua yahh ada pemuda yang bukan pegawai (kalau pegawai pake seragam) masuk ke area kasir dan menjadi kasir sementara nah pemuda ini kebetulan mengenakan liontin Buddha yang di bagikan Vihara Ekayana Graha pas hari waisak 2010 lalu.

Jadi tadi sambil beli roti tanya pemilik nya Buddhis yahh iya kata kasir pemilik nya adalah bapak Fabian, jadi kalau anda sedang jalan jalan ke Central park mampir yah ke Hoshi japanese healthy bread, kue nya enak enak lohh

bila kita mendukung usaha Buddhis tentunya kita juga secara tidak langsung mendukung orang lain untuk melakukan jalan mulia berunsur delapan. Tentunya ini juga hanya harapan saja tergantung orang nya juga.

Hoshi
Japanese healthy bread.
Mall Central Park LT.LG-107
JL. Let. Jend S. Parman Kav-28
Jakarta Barat 11470
Telp:(021) 56985267

wah sekalian di tambah tadi buka buka dc ada gambar ini

Selasa, 11 Januari 2011

Buddhis forum yang ku ikuti

well, sekarang ini setidak nya cukup banyak forum buddhis di indonesia yang aktif ketika dulu pada tahun 2003 banyak forum yang bisa di katakan mati suri atau mati.

sehingga pilihan ku terpaksa mencari forum buddhis di luar indonesia yaitu
pilihan ku jatuh pada http://www.e-sangha.com/ ini adalah forum pertama yang ku ikuti tetapi akhirnya forum ini berakhir terkena serangan / kena hack (mungkin juga kena hack oleh pemerintahaan china) karena di forum banyak anggota yang cukup aktif mendukung mendukung Dalai Lhama.

disini juga aku melakukan bloging pertama, pertama sih sekadar iseng iseng saja seperti buku harian apa yang ku minat biasa di tulis, sangat di sayang kan tulisan nya hilang seiring rusaknya data e-sangha ( wa tidak punya back up lagi)
 
sedangkan pada waktu itu ada forum buddhis lain nya tetapi minta ip adres dll ( lah wong daku ini mengakses nya melalui warnet jadi susah mengikuti permintaan aturan  forum buddhis lain nya)

forum international ke dua adalah
http://www.freesangha.com/forums/
forum ini sekarang masih  sepi atau tidak seaktif forum e-sangha.

forum indonesia yang pertama ku ketahui adalah
http://www.secangkirteh.com/
http://secangkirteh.com/index.php?action=forum
karena terjadi perombakan dll, forum ini jadi kurang begitu aktif

dari secangkir teh kemudian ada  rujukkan ke  forum
http://dhammacitta.org/
http://dhammacitta.org/forum/
forum teraktif yang ku ikuti, bagi non anggota bisa tetap membaca atau mengakses informasi yang ada di forum. 

kemudian mendapat akses ke forum buddhayana
www.buddhayana.or.id/
http://www.buddhayana.or.id/GForum.php
forum ini masih terbilang baru sayang nya sering tidak bisa di akses

kemudian ada forum bagi theravada indonesia:
http://dhammacakka.org/
http://www.dhammacakka.org/forum/
forum ini terlihat cukup aktif tetapi kadang kadang tidak bisa diakses.

kemudian ada forum  Wihara.com
http://www.wihara.com/forum/
forum ini bagi ku masih termasuk baru, untuk membaca isi forum harus menjadi anggota terlebih dahulu tidak bisa di baca tanpa menjadi anggota, terkesan lebih tertutup atau eksklusif.

Senin, 10 Januari 2011

Tour keliling 8 vihara dalam satu hari ( Tour around 8 vihara in a day) by Remaja tour (kamis, 10 -feb -2011)

 Aku mendapat selebaran di toko tentang tour keliling  8 vihara dalam satu hari, hal ini merupakan tradisi masyarakat kita ( khusus nya di jakarta, tidak tahu tempat lain ada acara keliling 8 vihara ini tidak)  


Remaja tour
jl tubagus angke no123, jakarta barat tlp 6302630- 91293658.

namo buddhaya,
selamat tahun baru imlek 2562 setelah kung si fat cai, kita mengunjungi ke 8 vihara yang jatuh pada cia gwee 8, tanggal 10 feb 2011 hari kamis wage

remaja tour mengadakan perjalanan zairah ke 8 vihara.

jadwal perjalann tour sebagai berikut

pukul:
5:30 wib peserta berkumpul di remaja salon (seberang uni lever/ruko permata)
6:30 wib peserta berangkat ke vihara banten
10:30 wib ke vihara serpong
11:30 wib ke vihara pasar lama- tangerang
12:00 wib peserta makan siang di resto chinese food
13:00 wib ke vihara pasar baru tangerang
14:30 wib ke vihara pluit pinggir tol
15:00 wib ke vihara teluk gong
16:00 wib ke vihara lodan
17:00 wib ke vihara ancol pasir putih
17:30 wib makan sore di rumah makan padang

biaya :160.000 (seratus enam puluh ribu rupiah)
biaya sudah termasuk transportasi bus ac blue star karaoke (seat 2-2)
makan pagi siang dan sore.

pendaftaran paling lambat 5 feb 2011
untuk informasi lebih lanjut dpt menghubungi
remaja tour tlp 021-6302630
sdr savano satrio,Bsac 021-91293658
sujadi rusli 085288187030.


menurut pendapat ku memang sebaiknya tour seperti ini lebih teroganisasi kedepan nya( masa depan) hingga memungkin kan terjadi penghematan entah pengguna hio, bunga dan penghematan bahan bakar dan mungkin penghematan lain nya. coba banyangkan bila ada 80 orang yang mengikuti acara keliling 8 vihara ini dengan kendaran pribadi mereka masing masing

Minggu, 09 Januari 2011

Bom garam atau salt bom di makanan sekitar kita

well, kita telah belajar bahwa sesungguh nya kecap manis yang di jual di luar menggandung banyak garam hingga bagi penderita hipertensi sebaiknya menggunakan kecap manis yang di buat khusus.

tapi bagi kita masyarakat biasa kita juga terbiasa memakan makanan yang mengandung kadar garam luar biasa tinggi bagai kan di bom oleh garam, mari kita tengok sedikit makanan yang mengandung bom garam di sekitar kita.

*Garam pada semangkok Bakso:
wah, ini makanan favorit aye juga dulu sebelum ikut vegetarian wah pas ngebakso pake kecap manis nya luar biasa sampai kuah nya berubah warna jadi tidak dapat tembus pandang lagi saking banyak nya memakai kecap manis.
mari kita sedikit menelusuri pembuatan bakso, daging di cincang di kasih sedikit garam(NaCl)biar enak kasih mono sodium glutamet ( ini mengandung Na juga) biar awet ada beberapa yang menambahkan Na- benzoat ( Na lagi lohh) jadi bakso, pedagang bakso membuat kuah kaldu apa yang di berikan ke dalam kuah tersebut yahh betul garam (NaCl) dan lagi MSG( Na lagi lohh), mari kita likat mie nya pas pembuatan nya Mie ini pasti di kasih garam (NaCl lagi) dan air abu  ( Na2CO3, wah Na lagi lohh ) ,  kita lihat si abang bakso meramu bakso pasti di mangkuk nya di berikan garam, msg, kecap asin setelah mie di letakan bakso di letakan dalam mangkuk, kuah kaldu di tuang kedalam mangkuk di berikan "kecap manis" ( ingat kecap manis yang di jual tidak hanya mengandung kadar NaCL yang tinggi tetapi juga mengandung MSG [sodium=Na],  Na-benzoat) jadi deh ngebakso kadang di tambah cuka bagi yang senang asam dan sambel bagi yang senang pedas dan bagi yang suka manis kecap nya di tambah kan kedalam kuah kaldu tersebut hingga tidak tembus pandang, ini namanya semangkuk bom garam (salt bom) sodium bom bagi tubuh kita.

*Apakah hanya bakso saja lohh ada yang namanya "Nasi Goreng, Mie goreng, Bihun Goreng, Kwetiaw goreng"

Mari kita lihat apa yang di lakukan penjual mie tek tek atau penjual nasi goreng yang mendorong gerobak di gang gang rumah kita.

kita ambil contoh "Nasi Goreng" mari kita melihat sedikit bagaimana mereka memberi bumbu pada nasi goreng ini pertama kasih garam, kasih bumbu racikan mereka sendiri, dengan sendok sesudah itu kasih bumbu kaldu ( sapi / ayam )instan entah sasa/royco dll ( bumbu ini mengandung MSG dan Na- benzoat) setelah itu di tambahkan Msg lagi ( entah sasa, ajinomoto, dll) setelah di goreng di tambahkan "kecap manis".selamat mencoba nasi goreng anda yang penuh aneka garam ( ini juga bomb garam)

* apakah berhenti sampai di situ tidak mari kita lihat sop, soto, gulai  kambing dll
mereka juga membuat seperti itu pada kaldu nya mereka sudah menambahkan garam juga msg ketika di hidangkan dengan kecap manis tidak tahan tuh banyak yang memberi kecap manis nya jor joran jadi lah bom garam lagi tidak lah heran bila sudah memakan makan ini tekanan darah mereka naik dan ada yang stroke sampai mencapai ajal nya atau cacat. 

* kambing bakar/ sate kambing, apa lagi  pada masa idul qurban

ketika mereka memanggang kambing ini diatas bara apai mereka memberi garam ke pada tusukaan sate ini kemudian di lumuri bumbu apa biasa yang ada di dapur adalah kecap manis, seperti kalian ketahui memanggang sate itu tidak cukup sekali melumuri nya dengan kecap manis tapi berkali kali hingga kering terus menerus, ketika di hidangkan bumbu sate kambing adalah bumbu kecap ( kecap , cabai rawit yang di iris iris dan bawang merah dan kadang bersama irisan tomat), tau panggangan daging kalian makan juga dengan cocolan sambel kecap,  kalian memakan semua itu nah itulah bom garam yang kalian makan.

tentu nya masih banyak makan makan lain juga di luar sana yang mempunyai kemungkinan menjadi bom garam or slat bom ini, kita hanya membahas sedikit di sekitar lingkungan kita. jadi berhati hati lah memakan makanan yang mengandung bom garam.

Jumat, 07 Januari 2011

Apakah "Kecap Manis" sehat? terutama bagi penderita hipertensi?

well, kita biasa menggunakan kecap manis sehari hari karena namanya manis kadang orang keliru dengan kecap asin yang di katakan tidak baik bagi penderita hipertensi.

Sesungguh nya bila kita memperhatikan proses pembuatan kecap manis maka kecap manis jauh lebih buruk daripada kecap asin lohh. sebuah hal yang tidak disangka sangka bukan ini lah kelirumologi di dunia makanan.


BAHAN:
1 kg kedelai putih atau hitam
3 gr ragi tempe
3 lbr daun salam
2 btg serai
3 Daun jeruk 1 lembar
4 cm lengkuas
1 sdt pokak
6 kg gula merah
1 ½ lt air untuk melarutkan gula merah
800 gr garam untuk 4 liter air
CARA MEMBUAT:




  • Cuci kedelai dan rendam dalam 3 liter air selama satu malam. Kemudian rebus sampai kulit kedelai menjadi lunak. Tiriskan, dinginkan di tampah.
  • Beri ragi tempe pada kedelai yang didinginkan. Aduk hingga rata dan simpan pada suhu ruang (25-30° Celcius) selama 3-5 hari.
  • Setelah kedelai ditumbuhi jamur yang berwarna putih merata, tambahkan larutan garam. Tempatkan dalam suatu wadah dan biarkan selama 3-4 minggu pada suhu ruang. Batas maksimum proses penggaraman adalah dua bulan.
  • Segera tuangkan air bersih, masak hingga mendidih lalu saring.
  • Masukkan kembali hasil saringan, tambahkan gula merah dan bumbu-bumbu. Bumbu ini (kecuali daun salam, daun jeruk dan serai) digiling halus dulu dan campur hingga rata. Banyaknya pemakaian gula merah tergantung untuk kecap asin atau kecap manis (lihat: catatan).
  • Setelah semua bumbu dicampurkan ke dalam hasil saringan, masak sambil terus diaduk-aduk. Perebusan dihentikan apabila sudah mendidih dan tidak berbentuk buih lagi.
  • Setelah adonan tersebut masak, dinginkan dan saring dengan kain saring.
  • Kecap siap untuk dikemas.
  • CATATAN:




  • Penambahan gula merah untuk kecap manis setiap 1 ltr hasil saringan membutuhkan 2 kg gula merah.
  • Penambahan gula merah untuk kecap asin setiap 1 ltr hasil saringan membutuhkan 2 1/2 ons gula merah.
  • Pemberian ragi harus sesuai jumlahnya dengan banyaknya kedelai, agar tidak menimbulkan kegagalan jamur yang tumbuh.
  • Setelah direbus dan ditiriskan, kedelai harus didinginkan dengan sempurna. Bila tidak ragi yang ditebarkan di atasnya akan mati.
  • Bahan baku untuk pembuatan kecap, selain dari kacang kedelai dapat juga dari biji kecipir, dengan proses pembuatan yang sama.
  • resep berasal dari:
    http://dapurmlandhing.dagdigdug.com/2008/05/12/membuat-kecap-sendiri/

     Jadi untuk membuat kecap asin membutuh kan hanya 2 1/2 ons gula merah utk 1 liter dibanding dengan kecap manis yang membutuh kan 2 kg gula merah. Artinya di dalam kecap manis lebih banyak mineral tidak hanya garam ( yang pada awal resep bagian bahan membutuh kan 800 gr garam(NaCl) ) tapi juga mineral gula. sangat menipu bukan jadi bagi penderita hipertensi bila kecap asin adalah barang berbahaya maka kecap manis lebih berbahaya lagi jadi sebaiknya bagi penderita hipertensi tidak memakan kecap manis biasa yang umum di jual dan di gunakan di rumah makan atau penjual makanan.

    jadi berhati hatilah dengan overdosis garam ketika mengkonsumsi "Kecap Manis", hmm... ini sih  bukan hanya overdosisi garam tapi sudah menjadi bom garam or salt bomb maka banyak orang harus menahan diri dan bersikap lebih bijaksana dalam mengkonsumsi "Kecap Manis"

    Catatan:
    -Pembanding resep pembuatan  kecap di malaysia
    http://ms.wikipedia.org/wiki/Kicap
    - Pada pembuatan kecap ini belum di tambahkan penguat rasa Monosodium glutamat ( sodium=Na) dan juga pengawet Na-benzoat (Na lagi lohh) seperti yang ada pada kecap yang di jual di pasar atau komersialkan.

    Kamis, 06 Januari 2011

    Jasa pelayanan kedukaan (buddhis di jakarta)

    well, selebaran yang dapat di toko ini menarik soal informasi jasa kedukaan di jakarta terutama setelah aku menjelajah sedikit internet ternyata bagi umat buddhis sendiri tidak terdapat pelayanan /jasa servic yang khusus bagi umat buddha. Agak menyedihkan memang atau pengetahuan ku terbatas jadi tidak mengetahui jasa pelayanan buat umat Buddhis.

    jasa pelayanan kedukaan ini dari perkumpulan harapan kasih atau yayasan harapan kasih, yang menawarkan jasa pelayanan kedukaan untuk membantu bagi yang mengalami nya.

    banyak orang yang tidak siap dalam menghadapi masalah kedukaan yang menimpa diri mereka, sanak keluarga, kerabat, dll ( bla bla bla, singkat saja yahh)
    perkumpulan harapan kasih memeberikan berbagai kemudahan dengan menawarkan 4 macam paket yang terjangkau
    paket santunan; pembayaran iuran bulanan hanya selama 5 tahun untuk manfaat seumur hidup

    paket:
    1. Silver      iuran    100.000*,  manfaat peti dan perlengkapan senilai Rp     15.000.000,-
    2. Gold       iuran    250.000*,  manfaat peti dan perlengkapan senilai Rp     35.000.000,-
    3. Platinum iuran    500.000*,  manfaat peti dan perlengkapan senilai Rp     75.000.000,-
    4. Titanium iuran 1.000.000*,  manfaat peti dan perlengkapan senilai Rp   125.000.000,-

    *) syarat dan ketentuan berlaku, ( dari hasil penelusuran yang silver ini rumah duka nya di tunjuk oleh yayasan harapan kasih/perkempulan harapan kasih jadi bisa di duga kebebasan memilih dll tergantung paket santunan yang di ambil)


    fasilitas yang akan di peroleh:
    * peti dan perlengkapan sesuai paket santunan yang di pilih.
    * keleluasan memilih rumah duka, antara lain : atmajaya, dharmais, gatot soebroto, husada dan santo yusuf funeral home.
    * 1 mobil jenazah untuk wilayah jatabek.
    * video shooting "ungkapan kasih" anggota.
    * kepengurusan 24 jam nonstop.

    Syarat K eanggotaan:
    1. usia masuk maksimum 70 tahun**
    2. mengisi form keanggotaan.
    3. fotokopi ktp yang masih berlaku.
    4. membayar biaya administrasi pendaftaran ( aku sudah tanya saat ini biaya adaministrasi nya adalah sebesar Rp300.000,-)
    **) untuk usia > 70 thun, dapat bergabung dengan iuran khusus

    (comment ku:
    ingat semua biaya dan perlengkapan adalah berdasarkan informasi saat ini biaya ini bisa mengalami inflasi.)

    untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi marketing kami, bergabung lah sekarang juga dengan kami dan dapatkan dukungan dari kami saat masalah kedukaan datang.


    perkumpulan harapan kasih
    jalan mangga besar VIII no 30, jakarta 11150, indonesia
    telp:(021) 600 1234(hunting) fax:(021)6394546


    bekerja sama dengan rumah duka atamajaya, rumah duka gatot subroto, rumah duka dharmais, krematorium Nirwana, Taman makam Quiling, Santo yusuf funeral home.

    (wah aku sudah melakukan verifikasi sedikit ( menelpon ) mereka bisa melayani umat Buddha)

    Sabtu, 20 November 2010

    Menggapai Bintang Menembus Awan

    well, kita yang umat Buddhis mempunyai sebuah bintang ( entah dalam hati dan pikiran kita) bintang disini adalah sila bila kita menggambar bintang secara sederhana maka kita membentuk bintang segi lima (panca sila) atau bintang segi delapan yangterbuat dari tanda + (plus) dan X (silang)  menjadi * segi delapan atau atthasila, sedang dasa sila di simbolkan bagian tengah dari bintang segi lima.

    Jadi pada saat kita sedang berjalan dalam kabut atau awan kita membutuhkan sebuah cahaya penerang (lampu kabut) yaitu sila yang kita lakukan sehari hari.

    oke pada cerita ke Empat kita telah belajar mengurai kain dengan menarik benang nya maka kain tersebut akan lenyap menjadi benang pada akhirnya. cerita cerita pada jataka juga seperti itu kita perlu mengurai nya.
    apa yang ada disini hanya sedikit membantu agar kita bisa mengurai sendiri dan mampu mengambil manfaatnya . 

    mari kita mengulang cerita jataka pada cerita keempat:
    "With humblest start." This story was told by the Master about the Elder named Little Wayman, while in Jīvaka's Mango-grove 2 near Rājagaha. And here an account of Little Wayman's birth must be given. Tradition tells us that the daughter of a rich merchant's family in Rājagaha actually stooped to intimacy with a slave. Becoming alarmed lest her misconduct should get known, she said to the slave, "We can't live on here; for if my mother and father come to know of this sin of ours, they will tear us limb from limb. Let us go and live afar off." So with their belongings in their hands they stole together out by the hardly-opened door, and fled away, they cared not whither, to find a shelter beyond the ken of her family. Then they went and lived together in a certain place,
     http://www.sacred-texts.com/bud/j1/j1007.htm
      “Dimulai dengan kerendahan hati,” dan seterusnya. Kisah mengenai seorang thera yang bernama Cūḷapanthaka ini diceritakan oleh Bhagawan ketika Beliau sedang berada di hutan mangga milik Jīvaka17, di dekat Rājagaha. Terdapat sedikit penjelasan mengenai kelahiran Cūḷapanthaka. Dikisahkan, anak perempuan dari seorang saudagar kaya di Rājagaha telah menurunkan martabatnya, menjalin hubungan dengan pelayan lelakinya. Karena khawatir kelakuan buruknya terbongkar, ia berkata kepada pelayan lelakinya, “Kita tidak bisa tinggal di sini lagi, jika sampai orang tuaku mengetahui kesalahan yang telah kita lakukan, mereka akan mencabik tubuh kita. Mari kita pergi dan menetap di tempat yang jauh.” Dengan membawa harta benda, mereka menyelinap keluar dari pintu rumah tersebut dan melarikan diri, mereka tidak peduli bagaimana mereka mendapatkan tempat berlindung yang aman tanpa sepengetahuan sanak keluarga gadis itu. Kemudian mereka menetap di suatu tempat, 
    http://www.scribd.com/doc/31483424/Jataka-Vol-1

    https://samaggi-phala.or.id/tipitaka/cullaka-setthi-jataka/

    disini di ceritakan seorang anak gadis yang kabur ketakutan karena hubungan nya tidak di restui oleh orang tua, memang tidak di ceritakan bagaimana sikap orang tua sang gadis, sangat menarik bukan?

    nah apa yang terjadi pada pada keluarga sang gadis bila tahu ternyata anak gadis nya hilang dari runmah, siapa yang akan bersedih dan siapa akan marah ? memang pada kalimat di atas tidak di sebut tentang orang tua sang gadis tetapi faktor ini juga perlu diperhatikan.

    sebenarnya dalam satu segi ketika kita sedang membaca permulaan cerita di atas kita sedang dimaki maki atau ada yang meratapi kita karena terlalu cepat datang ke cerita no 4 ini. kenapa kita di ratapi dan di maki maki soalnya perjalanan/membaca cerita jataka ini sangat panjang (547 cerita) akan kah kita kembali lagi ke cerita awal atau seperti sang gadis akan mengikuti cinta  (desire) nya dan pergi dari keluarga.


    karena kita sudah di maki maki di awal cerita ke empat ini di suruh balik lagi ke cerita ke tiga mari kita balik sedikit ke cerita ke 3
    Now in that city there was a decayed family. Once they had been rich merchants, but by the time of our story they had lost all the sons and brothers and all their wealth. The sole survivors were a girl and her grandmother, and they got their living by working for hire. Nevertheless, they had got in their house the golden bowl out of which in the old days the great merchant, the head of the family, used to eat; but it had been thrown among the pots and pans, and having been long out of use, was grimed over with dirt, so that the two women did not know that it was gold.

    Di kota itu terdapat sebuah keluarga yang sangat miskin. Awalnya mereka adalah keluarga saudagar yang kaya, namun saat kisah ini terjadi, mereka telah kehilangan semua anak laki- laki dan saudara laki-laki beserta semua harta kekayaan mereka. Yang tersisa dalam keluarga itu hanyalah seorang anak gadis bersama neneknya, mereka bertahan hidup dengan menerima pekerjaan upahan. Tanpa menyadari bahwa mereka masih mempunyai sebuah mangkuk emas yang dulunya dipakai oleh saudagar kaya, kepala keluarga itu untuk menyantap makanan. Akan tetapi karena sudah lama tidak dipergunakan, mangkuk emas itu tersaput kotor dengan debu dan ditempatkan di antara tumpukan belanga dan tembikar.

    bila kita perhatikan baik baik maka kita akan mendapati cerita yang padat sekali pada cerita ke tiga ini tidak terlalu di sebutkan bagaimana Great merchant ini hidup dan tempat tinggal nya maka kita perlu untuk mampu melihat seperti apa rumah dari great merchant ini ada seperti apa dll juga mangkuk emas yang di gunakan untuk makan. penggambaran tempat tinggal sang merchant yang melewati waktu merupakan sebuah ketidak kekalan atau anicca.

    mangkuk emas yang tertutup kotoran dan jelaga dan jarum yang menggoresnya, kadang bisa juga di umpmakan sebagai dhamma yang tertutup kotoran bathin atau kamma buruk dan jarum analisa bisa menggors nya. tetapi ada juga perumpamaan lain yaitu sebagai kamma baik yang tertutup oleh kamma buruk dari kotoran bathin sedang jarum nya ada lah kamma baik, satu sisi lain bisa menggambarkan matahari yang tertutup bulan hingga jarum nya adalah bintang di langit.

    cerita ke dua

    adalah tentang menggali mata air, dalam menggali mata air harus menggali lapisan lapisan tanah yang ada ini menceritakan bahwa cerita jataka juga perlu di gali melewati lapisan lapisan yang menyelimuti nya.

    cerita pertama kenapa antahapindhika di sebut pertama karena kita ketahui bahwa antha pindika menggunakan keping uang emas nya menutupi tanah untuk membangun vihara yang akan di persembahkan pada Sang Buddha. berarti bahwa cerita jataka ini penuh akan keping uang emas yang menghampar

    semoga kilas balik ini mampu memberi pandangan atau bantuan bagaimana melihat cerita jataka yang sebenarnya







    Jumat, 19 November 2010

    No. 4. CULLAKA-SEṬṬHI-JĀTAKA.

    No. 4. CULLAKA-SEṬṬHI-JĀTAKA.

    versi bahasa english
    http://www.sacred-texts.com/bud/j1/j1007.htm

    versi bahasa indonesia
    http://www.wihara.com/forum/kisah-kisah-sang-buddha/7394-jataka-4-cullaka-se-hi-jataka.html

    https://samaggi-phala.or.id/tipitaka/cullaka-setthi-jataka/

    Komentar,
    cerita ini cukup panjang dan terdiri dari banyak sisi, aku tidak akan mengomentari terlalu banyak hanya sedikit bagian bagian yang dapat ku komentari saja.

    Belum apa apa kita sudah di gampar sama cerita ini apakah kita si a atau si b (atau ibu mereka yang lari karena ketakutan), bila kalian si A jangan sombong karena bisa mengerti sutra sutra yang ada dan sebaiknya berbagi ( tentunya ada menyangkut juga tentang cerita ke tiga), bila kalian si B jangan cemas dan kuatir ada sebuah tehnik yang di ajarkan kepada kalian.

    Kain bersih (yang maha ajaib) disini mempunyai banyak segi, salah satu segi nya.

    Bahwa kita harus melihat kain ini awal mula nya seperti apa, dalam realita kita sebuah kain di bentuk dengan di tenun pada jaman dahulu, bila kita menarik ujung nya maka kain tersebut akan terurai dan menjadi sehelai benang.

    Cerita ketiga juga seperti itu untuk mengerti harus di uraikan terlebih dahulu dengan perlahan lahan dan kemudian di bentuk kembali (wah enak dan curang nya wa dapetnya susah payah, cerita ke empat lsg memberitahu cara nya).

    Disini juga cerita tentang kain adalah latihan tehnik konsentrasi yang di ajarkan (kenapa bukan kertas jaman dahulu mana ada kertas yang ada yah kain ini)

    Kain disini juga berarti sebuah cerita jataka membutuhkan pendalaman dan konsentrasi untuk melihat hal yang sesungguh nya.

    Kain jaman sekarang seperti kain tenun, kain rajut dll bahwa latihan yang kalian lakukan setiap hari tidak akan percuma suatu saat akan menjadi sehelai kain ini, kain ini juga bisa berubah menjadi pakaian dll.

    Kamis, 18 November 2010

    No. 3. SERIVĀṆIJA-JĀTAKA.

    No. 3.
    SERIVĀṆIJA-JĀTAKA.

    versi bahasa english
    http://www.sacred-texts.com/bud/j1/j1006.htm

    versi bahasa indonesia
    http://www.wihara.com/forum/kisah-kisah-sang-buddha/7393-jataka-3-seriv-ija-j-taka.html

    https://samaggi-phala.or.id/tipitaka/serivanija-jataka/

    Komentar,

    Ini adalah contoh cerita yang memerlukan penggalian yang sangat dalam, cerita ini merupakan sebuah permata yang mempunyai banyak sisi (facet) dan di dalam nya banyak cahaya, bila kita sedikit menggulirkan permata ini maka sisi lain cerita akan nampak dengan pandangan pandangan/pengertian pengertian yang berbeda.

    Disini juga di kenal kan alat bantu untuk memahami dhamma dalam cerita jataka, seperti yang di gunakan bodhisatva yaitu jarum( dalam hal ini pandangan sang bodhisatva dalam memeriksa mangkuk emas yang tertutup kotoran dan jelaga), timbangan, tas (untuk menyimpan mangkuk emas yang tertutup kotoran dan jelaga), dan juga delapan keping uang.

    Sedikit tentang jarum, ada tiga hal yang dapat di ketahui tentang jarum dari nenek dan anak perempuan yang tidak memiliki jarum tapi mendapat kan timbangan maka dia mendapat manfaat dhamma meski tidak sebesar sang bodhisatva, sang bodhisatva yang secara halus memeriksa adalah jarum yang tidak terlihat dan jarum devadata yang pertama di sebut dalam cerita (jarum yang hendak di jual oleh seorang pedagang keliling tidak lah mungkin hanya ada satu saja dalam keranjang dagangan nya).

    Rabu, 17 November 2010

    No. 2. VAṆṆUPATHA-JĀTAKA.

    No. 2.
    VAṆṆUPATHA-JĀTAKA.

    versi bahasa english
    http://www.sacred-texts.com/bud/j1/j1005.htm

    versi bahasa indonesia
    http://www.wihara.com/forum/kisah-kisah-sang-buddha/7387-jataka-2-va-upatha-j-taka.html

    https://samaggi-phala.or.id/tipitaka/vannupatha-jataka/

    komentar singkat,

    Masih tentang perjalanan kita harus berhati hati atau akan berputar putar di tempat yang sama saja, jadi kita harus menggali (terus menerus)arti atau pengertian yang terdapat dalam cerita jataka agar bisa merasakan atau di nyatakan dengan menemukan mata air dan meminum air (dhamma).

    Selasa, 16 November 2010

    No.1. APAṆṆAKA-JĀTAKA.

    APAṆṆAKA-JĀTAKA.

    versi bahasa english
    http://www.sacred-texts.com/bud/j1/j1004.htm

    versi bahasa indonesia
    https://samaggi-phala.or.id/tipitaka/apannaka-jataka/


    ini adalah pembuka jataka athakata.

    Komentar singkat saja,

    secara explisit cerita ini menerangkan tentang sebuah perjalanan pada sebuah jalan ( yang di maksud adalah membaca jataka ) bahwa dalam membaca cerita jataka kita mungkin akan tergoda, terpesona oleh cerita ini (goblin) seperti merchant pertama hingga melupakan untuk apa kita sesungguh nya membaca cerita jataka. Secara halus kita di anjurkan untuk membaca cerita jataka ini setidak nya dua kali. intinya kita harus mempersiapkan diri dalam membaca cerita jataka dan harus berusaha mendapat manfaat yang terdapat pada cerita jataka( digambarkan dengan air [yang dapat diminum dan di gunakan{ jadi tentu nya adalah air yang jernih} ] yang di bawa para merchant).

    Rabu, 03 November 2010

    Kompas bayar 9 bulan langganan satu tahun

    diminta keponakan wa kebank bca setor ke bca pas mau masuk ada stand kecil dari kompas wa di panggil karena ada urusan selesaikan dulu urusan baru kesini ternyata ada penawaran bulan promosi kompas langganan setahun bayar cuma 9 bulan boleh juga cuma bayar Rp.702.000 lohh lumayan bisa hemat Rp.234.000,- dah gitu ada di kasih polo shirt dan dapet 4 kupon undian ( nanti kalau dapet mobil dan motor wa kasih tahu dah, [bercanda yahh bisa discount Rp234.000,- saja dah bagus apalagi bisa menang undian dapet mobil dan motor]) wa besok bawa kuitansi langganan kompas wa biar mereka yang urus sama agen koran kompas wa.

    tambahan catatan kecil:
    tanggal 25 -10-2010 dan 26-10-2010 aku tidak melakukan ettavata karena tidak membawa buku paritta saku.
    harus berterimakasih pada hemayanti kalau bukan karena dia aku tidak akan mengeluarkan candaan melakukan sanghadana setiap hari, ketika aku mencoba memikirkan bagaimana menolong kaum  H di link http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=18495.0 kepikiran cara melakukan sangha dana setiap hari tetapi bukan dalam bentuk diatas, cara nya melakukan nya lebih sulit hingga akhirnya berpikir cara ini tidak semua orang dapat melakukan nya,  kemudian berpikir bagaimana aku melakukan sanghadana setiap bulan, kemudian berpikir apakah cara ini tidak bisa di pakai pada sanghadana sehari hari. hingga terjadi kejadian diatas maka aku menamakan suara malaikat atau bodhicitta karena tanpa memikirkan untuk menolong kaum H ini, hal ini mungkin tidak terpikir oleh diri ku.

    Selasa, 02 November 2010

    Soal Rantangan Vege

    besoknya tanggal 1-11-2010 baru ettavatta, pikir punya pikir kalau sehari wa makan sayur satu macam 5.000 rupiah kalau tiga macam 15.000 rupiah dan di kali 31 hari jadi nya 465.000 lohh kok lebih murah jauh dari pada rantangan vege yang wa langganan sebulan 850.000,- pikir punya pikir wa rasanya bakal ganti nih rantangan vege wa mending beli jadi murah banyak (ini baru rencana saja, mungkin bulan depan desember baru di ganti).

    Senin, 01 November 2010

    SanghaDana hari VII

    adalah hari terakhir dana pergi kevihara siang hari makan di kantin sujata makan mie nya enak lohh meskipun dingin tapi yah mestinya di siram kuah (kuah nya panas), tapi wa sukanya makan mie tidak basah (tidak di siram kuah), kemudian pergi dana sangha dana terus main ke warnet maen atalantica (bikin char belum pernah main nih game) kemudian ke sini lalu pulang,