Jumat, 19 November 2010

No. 4. CULLAKA-SEṬṬHI-JĀTAKA.

No. 4. CULLAKA-SEṬṬHI-JĀTAKA.

versi bahasa english
http://www.sacred-texts.com/bud/j1/j1007.htm

versi bahasa indonesia
http://www.wihara.com/forum/kisah-kisah-sang-buddha/7394-jataka-4-cullaka-se-hi-jataka.html

Komentar,
cerita ini cukup panjang dan terdiri dari banyak sisi, aku tidak akan mengomentari terlalu banyak hanya sedikit bagian bagian yang dapat ku komentari saja.

Belum apa apa kita sudah di gampar sama cerita ini apakah kita si a atau si b (atau ibu mereka yang lari karena ketakutan), bila kalian si A jangan sombong karena bisa mengerti sutra sutra yang ada dan sebaiknya berbagi ( tentunya ada menyangkut juga tentang cerita ke tiga), bila kalian si B jangan cemas dan kuatir ada sebuah tehnik yang di ajarkan kepada kalian.

Kain bersih (yang maha ajaib) disini mempunyai banyak segi, salah satu segi nya.

Bahwa kita harus melihat kain ini awal mula nya seperti apa, dalam realita kita sebuah kain di bentuk dengan di tenun pada jaman dahulu, bila kita menarik ujung nya maka kain tersebut akan terurai dan menjadi sehelai benang.

Cerita ketiga juga seperti itu untuk mengerti harus di uraikan terlebih dahulu dengan perlahan lahan dan kemudian di bentuk kembali (wah enak dan curang nya wa dapetnya susah payah, cerita ke empat lsg memberitahu cara nya).

Disini juga cerita tentang kain adalah latihan tehnik konsentrasi yang di ajarkan (kenapa bukan kertas jaman dahulu mana ada kertas yang ada yah kain ini)

Kain disini juga berarti sebuah cerita jataka membutuhkan pendalaman dan konsentrasi untuk melihat hal yang sesungguh nya.

Kain jaman sekarang seperti kain tenun, kain rajut dll bahwa latihan yang kalian lakukan setiap hari tidak akan percuma suatu saat akan menjadi sehelai kain ini, kain ini juga bisa berubah menjadi pakaian dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar