Minggu, 21 Maret 2010

Tiga helai kumis macan

well, kadang kita mengingat suatu cerita tapi kadang cerita itu tak utuh lagi ketika kita ingin menyampaikan nya
jadi kadang hanya esensi nya saja yang teringat.

dulu ketika aku mendapat buku kissa gotami dalam buku tersebut ada sebuah cerita lain yaitu cerita "tiga helai kumis macan"

ceritanya ada perumah tangga yang mempunyai problem rumah tangga dengan suaminya, teman nya menasihati dia untuk pergi ke pertapa gotama untuk meminta nasihat atau pertolongan.

maka datang lah wanita ini ke pertapa gotama sesudah menceritakan kesulitan nya pada sang bagava.
sang bagava mengatakan akan mengabulkan keinginan nya bila wanita tersebut bisa mempersembahkan tiga helai kumis macan yang diperoleh melalui usahanya sendiri.

maka girang lah wanita tersebut dan pulang lah dia kerumah nya, keesokan hari nya dia membuat rencana dan pergi ke keluar kota dimana ada gua macan. mulai lah dia mendekati macan tersebut dengan caranya sampai iya bisa mengelus macan itu dengan tenang dan tidak di lukai/makan oleh macan tersebut sedikit demi sedikit akhirnya dia bisa mencabut bulu kumis macan satu persatu tanpa di lukai sang macan. setelah berhasil memperoleh tiga helai bulu macan itu bersiap siap lah di pergi ke sang bagava untuk menagih janji sang bagava.

ketika bertemu dengan sang Bagava di persembahkan lah tiga helai bulu macan ini kehadapan sang Bagava, dan sang Bagava berkata bila sang perumah tangga itu bisa menjinakan sang macan yang buas apa yang tidak dapat di buat sang perumah tangga untuk menjinakan sang suami nya.

maka sadarlah sang perumah tangga tersebut bahwa sebenarnya dia mampu ngatasi kesulitan nya sendiri dengan daya upaya nya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar