Jumat, 06 Januari 2012

Panduan perlengkapan & persiapan naik TransJakarta ( Busway) di musim Hujan.

Kemarin aku naik Busway kebetulan jakarta di landa hujan dan angin, hingga ada penumpang yang mengantri di station /Halte Harmony ada yang pingsan pada hal belum bulan puasa, kemudian ada bapak bapak yang emosi nya jadi tinggi dari ribut mulut sampai bertengkar ( yang wa lihat dagunya pegawai sampai di cengkram pake tangan) entah bertukar tinju atau tidak.

Jadi untuk mengurangi hal hal di atas mari kita lihat perlengkapan naik busway.

*Air minum:
siapkan botol air minum isi dengan air putih atau teh untuk mencegah dehidrasi, pastikan terisi penuh bagi yang punya pengalaman pingsan sebaik nya selain air putih anda juga mempersiapkan satu botol pokari sweet.

*Makanan:
Pastikan anda sudah makan pagi, siang, sore atau mengemil sedikit sebelum naik busway. Siapkan biskuit, kue, roti dan snack kecil yang dapat dimakan di halte busway ( tidak di dalam busway) atau ketika sedang mengantri busway datang.

*Payung dan plastik segi empat: beberapa halte seperti halte glodok saat ini area nya ada yang terbuka kehilangan atap hingga kadang penumpang mesti menunggu busway dalam kondisi hujan jadi bawalah payung lipat beserta sarung nya, bila selesai di gunakan anda dapat melipat payung dan masukan kembali kedalam sarung nya hingga payung tersebut dapat disimpan di tas tanpa membasahi barang barang lain yang ada dalam tas, karena musim hujan kadang ada tempat duduk yang basah karena air hujan atau bocoran air ac jadi gunakan plastik segi empat (kantung plastik cukup besar untuk dapat diduduki) untuk dapat duduk.

Perlengkapan lain:
sapu tangan, handuk kecil untuk melap keringat.
Kipas kecil atau kipas electrik ukuran saku untuk melawan panas.
Masker untuk menyaring bau bauan akibat keringat.

Tas:
pergunakan tas selempang atau messenger bag, bila menggunakan tas Backpack sebaiknya diletakan terbalik, letakan tas didepan perut agar pencopet tidak membuka tas anda bila di letakan di punggung.

Jacket:
pergunakan jacket untuk melindungi pakaian anda dari tersangkut dan robek akibat berdesak desakan.

Celana:
Untuk pria gunakan celana dalam model boxer agar bila celana anda sobek( akibat desak-desakan) anda masih bisa berjalan dengan santai.

Obat obatan:
Minyak angin, minyak kayuputih, minyak sereh dan obat anti mabuk atau seiris jahe (anti mabuk) di gigit di mulut dan bawalah obat obat yang harus anda pergunakan jadi tidak ada halangan bagi anda tidak makan obat di jalan.

Handphone:
Charge hp anda sampai full sebelum.naik busway hingga anda dapat memberi info kepada keluarga di rumah bahwa anda baik baik saja di dalam perjalanan, atau dapat di pergunakan untuk mengusir rasa.bosan mengantri.

Menghindari tuduhan dan plecehan sexual:
wanita sebaiknya untuk duduk dibagian depan dari pintu masuk tengah ke arah depan dekat pengemudi.
Pria sebaiknya untuk duduk dari pintu bagian tengah ke belakang, Untuk menghindari tuduhan yang tidak di inginkan sebaiknya kedua tapak tangan anda memegang pegangan yang ada di atas (berada di atas, jangan dibawah dan tidak dapat dilihat orang lain) hingga dapat di lihat orang orang yang berada di sekeliling.

Toilet:
Sampai sekarang dalam jalur busway ini tidak terlihat ada nya toilet di setiap halte yang di lalui jadi buang air kecil dan buang air besar dulu bila hendak berpergian menggunakan transjakarta atau busway ini.

Pastikan anda selalu bertanya kepada petugas petugas yang siaga di halte atau dalam busway, Terutama tentang rute rute pendek (ekspress) yang biasa ada dari senin sampai Jumat hingga dapat mempercepat perjalanan anda daripada rute normal.

semoga perjalanan anda selalu menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar